Kunci jawaban Lembar Aktivitas 9 halaman 158 Selat Malaka IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci jawaban Lembar Aktivitas 9 halaman 158 Selat Malaka IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu

Bagaimana Karakteristik Selat Malaka?

Jawaban:

Karakteristik Selat Malaka

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan nama selat yang satu ini. Peran dari Selat Malaka sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu jalur perdagangan bagi bangsa Arab, India dan Gujarat.

1. Selat Malaka berada di antara Semenanjung Malaysia yakni di sekitar Singapura, Malaysia dan Thailand, dengan Pulau Sumatra (Aceh, Sumatra Utara, Riau dan Kepulauan Riau), Indonesia.

2. Secara astronomis Selat Malaka berada di antara 95oBT – 103oBT.

3. Jika dilihat dari sisi ekonomi dan strategis, bisa dikatakan jika Selat Malaka menjadi salah satu jalur pelayaran paling sibuk dan terpenting di dunia, bahkan sama pentingnya dengan jalur yang terdapat di Terusan Panama dan Terusan Suez.

4. Selain itu, posisi dari Selat Malaka bisa dikatakan sangat strategis, sebab selat ini menghubungkan antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia.

5. Di samping itu Selat Malaka juga menjadi penghubung antara tiga negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia yakni Indonesia, Republik Rakyat Tiongkok dan India.

6. Tercatat ada sekitar 70 – 80 ribu kapal yang melintasi Selat Malaka setiap tahunnya atau sekitar 200 kapal setiap harinya. Kapal – kapal tersebut berupa kapal dagang yang mengangkut sekitar seperlima hingga seperempat perdagangan yang melewati jalur laut di dunia. Bahkan beberapa kapal tanker juga melewati Selat Malaka.

7. Tercatat pada tahun 2003 ada sekitar 11 juta barel minyak setiap harinya yang melewati Selat Malaka, dan jumlah tersebut terus meningkat mengingat permintaan minyak dari Republik Rakyat Tiongkok mengalami peningkatan.

8. Selat Malaka yang hanya memiliki lebar sekitar 1,5 mil terdapat salah satu titik tersempit yakni Selat Philip yang berada tidak jauh dari negara Singapura. Selat Philip ini juga terkenal sebagai jalur pelayaran termacet dan terpenting di dunia.

Mengapa Selat Malaka menjadi ramai perdagangan dan menjadi tempat yang strategis untuk perdagangan?

Jawaban:

Karena Selat Malaka, yang berada di perbatasan Nusantara dan Semenanjung Malaya, adalah daerah yang strategis dalam perdagangan internasional.

Selat Malaka dikenal sebagai Jalur Sutra karena jalurnya memang menghubungkan perdagangan antara Timur dan Barat. Seperti disinggung sebelumnya, Jalur Sutra Laut melewati sejumlah laut dan samudra, seperti Laut China Selatan, Selat Malaka, Samudra Hindia, Teluk Benggala, Laut Arab, Teluk Persia, dan Laut Merah.

Selat Malaka, yang menjadi bagian dari Jalur Sutra Laut, lebih disukai para pedagang karena lebih aman dan efisien daripada Jalur Sutra Darat. Secara otomatis, hal ini membuat Selat Malaka menjadi salah satu selat yang paling ramai dan sibuk. Di sepanjang Selat Malaka, akhirnya semakin banyak tumbuh pelabuhan, yang berkembang menjadi kota-kota bandar perdagangan.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.