Breaking News

Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu halaman 222 Konflik Aceh dan Portugis IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu halaman 222 Konflik Aceh dan Portugis IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Aktivitas 9 Aktivitas Individu

Bagaimana sebab-sebab dan akibat dari konflik Aceh dan Portugis?

Jawaban:

Kedudukan Malaka yang sangat penting dalam perdagangan dunia menarik bangsa asing untuk memperebutkan wilayah ini. Aceh sebagai wilayah yang berdekatan dengan Malaka melihat keuntungan politik dan ekonomis apabila menguasai daerah ini. Meskipun demikian, upaya Aceh menguasai Malaka tidak mudah karena harus berhadapan dengan portugis yang telah berkuasa di Aceh sejak tahun 1511.

Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh. Pertumbuhan Aceh sebagai kekuatan baru yang begitu pesat menimbulkan kehawatiran Portugis. Portugis menganggap Aceh sebagai sumber kekayaan sekaligus ancaman. Oleh karena itu, pada tahun 1523 dan 1524 Portugis mengirim pasukan untuk menyerang Aceh. Akan tetapi, kedua serangan tersebut berhasil dikalahkan oleh pasukan Aceh.

Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan kesultanan Aceh adalah tindakan Portugis yang menjadi pesaing berat dalam perdagangan di Malaka yang melakukan monopoli perdagangan sehingga Portugis dianggap sebagai ancaman yang dapat menggagalkan cita-cita Aceh dan mengganggu kadaulatan Aceh.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *