Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 7 halaman 152 Candi Langgam Jawa Tengah dan Jawa Timur IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 7 halaman 152 Candi Langgam Jawa Tengah dan Jawa Timur IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 7 Aktivitas Individu

Bagaimana perbedaan candi langgam Jawa Tengah dan candi langgam Jawa Timur?

Jawaban:

Perbedaan Candi Langgam Jawa Tengah dan Candi Langgam Jawa Timur

1. Bentuk bangunan candi

Langgam Jawa Tengah berbentuk tambun dengan atap berupa stupa/ratna yang berundak-undak. Diantara kaki dan tubuh candi terdapat selasar yang cukup lebar, berfungsi sebagai tempat ritual ‘pradaksina’ atau prosesi ritual mengililing objek candi.

Langgam Jawa Timur candi berbentuk lebih ramping dengan atap bertingkat mengecil ke atas dan puncak atap berbentuk kubus sehingga terlihat lebih minimalis dan artistik.

2. Relief candi

Langgam Jawa Tengah reliefnya timbul agak tinggi, hiasan lukisan lebih terkesan naturalis, dan banyak terpengaruh kesusastraan India.

Langgam Jawa Timur reliefnya tak terlalu timbul, hiasan lukisannya berbentuk simbolis menyerupai wayang kulit, dan terpengaruh kesusastraan Jawa Kuno.

3. Bahan dasar candi

Langgam Jawa Tengah menggunakan batu andesit sebagai bahan dasar candi hal ini tak terlepas dari banyaknya gunung api aktif di wilayah Jawa Tengah sehingga batu andesit mudah untuk ditemukan.

Langgam Jawa Timur lebih dominan menggunakan batu-bata sebagai bahan dasar candinya meskipun masih ada candi yang menggunakan bahan dasar batu andesit karena memang material vulkanik juga ditemukan di Jawa Timur.

4. Letak dan Posisi Candi Induk

Dalam langgam Jawa Tengah misalnya, candi induk terletak ditengah halaman dan menghadap ke arah timur.

Pada langgam Jawa Timur candi induk terletak di belakang halaman dan menghadap ke arah barat. Hal ini erat sekali dengan filosofi terbit dan terbenamnya matahari.

5. Hiasan candi

Dalam Hiasan tangga candi berlanggam Jawa Timur menggunakan patung atau ukiran naga sementara di Jawa Tengah menggunakan makara atau kendaraan Dewi Gangga. Sedangkan dalam hiasan kala (lambang dipintu candi) perbedaan yang sangat terlihat adalah hiasan kala langgam Jawa Tengah digambarkan tak memiliki dagu atau rahang bawah. Sedetail itu ya konsep arsitektur nenek moyang kita.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *