Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 255 dan 256 Studi Kasus Penginderaan Jauh Pemprosesan Data Satelit Landsat 8 untuk Deteksi Genangan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 255 dan 256 Studi Kasus Penginderaan Jauh Pemprosesan Data Satelit Landsat 8 untuk Deteksi Genangan IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar aktivitas 6

Studi kasus | Tujuan SGDs: Aksi Terhadap Iklim

Bacalah dengan cermat!

Penginderaan Jauh Pemprosesan Data Satelit Landsat

8 untuk Deteksi Genangan

Artikel ini dirangkum dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Octarina, dkk. (2019) tentang penggunaan data satelit Landsat 8 dari NASA untuk mendeteksi daerah genangan di Provinsi DKI Jakarta. Data satelit Landsat 8 dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi permukaan bumi. Metode penelitian dengan GSWIR (Green-Short Wave Infrared) digunakan untuk memisahkan data air dan nonair di atmosfer sehingga dapat menghasilkan citra yang lebih jelas. Data diperoleh dengan mengunduh aplikasi di situs web USGS (U.S Geological Survey) yang sebelumnya sudah menentukan data wilayah yang akan diunduh. Selanjutnya data citra diolah dan dihitung sehingga memperoleh data tentang gambaran daerah yang tergenang dan luas daerah yang banjir di Provinsi DKI Jakarta.

Sumber artikel: Octarina, T. M., Nyoman, I. D., Putra, N., Kadek, N., & Wirdiani, A. (2019). Penginderaan Jauh Pemprosesan Data Satelit Landsat 8 untuk Deteksi Genangan. J. Ilm. Merpati Univ. Udayana, 7(1), 77-85.

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara mandiri.

• Gunakan berbagai sumber belajar untuk mengerjakan tugas!

• Tulis dan sampaikan temuan kalian.

Tugas:

Berdasarkan artikel di atas jawablah pertanyaanya berikut ini!

• Jelaskan manfaat data satelit terhadap pengurangan dampak bencana!

Jawaban:

Manfaat data satelit terhadap pengurangan dampak bencana:

Untuk menentukan tingkat resiko bencana dan jalur evakuasi bencana. Data satelit tersebut dapat diperoleh melalui penginderaan jauh. Satelit yang biasa digunakan antara lain satelit ikonos, satelit landsat, dan lain sebagainya. Data satelit biasanya berbentuk citra foto.

Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi suatu objek dengan menggunakan alat atau tanpa kontak langsung dengan objek yang dikaji. Penginderaan jauh disebut juga inderaja. Komponen penginderaan jauh terdiri dari sumber energy, atmosfer, objek, sensor, wahana, citra, dan user (pengguna).

• Hal apa saja yang bisa dilakukan oleh pemerintah dan warga DKI Jakarta apabila mengetahui hasil data satelit tentang wilayah yang tergenang?

Jawaban:

Hal-hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah dan warga DKI Jakarta apabila mengetahui data satelit mengenai wilayah yang tergenang di daerah tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki saluran air di lingkungan sekitar agar air mengalir lancar.

2. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya pada sungai atau saluran air.

3. Pemerintah DKI Jakarta melakukan tinjauan langsung ke lokasi dan mencari solusi untuk mengatasi daerah yang tergenang tersebut.

4. Pemerintah DKI Jakarta melakukan pembuatan lahan hijau yang dapat menampung atau mengantisipasi debit curah hujan yang tinggi.

5. Pemerintah DKI Jakarta melakukan pembersihan terhadap pintu air dan juga sungai yang terdapat banyak sampah sehingga memperlancar aliran air.

6. Warga DKI Jakarta bisa memulai menjaga lingkungan sekitar dan menanam pohon agar air hujan tidak cepat menggenangi halaman rumah.

7. Pemerintah DKI menyiapkan bantuan terhadap pemukiman yang tergenang air dalam kondisi parah.

• Jelaskan manfaat lain dari data satelit terkait aspek kehidupan lain, misalnya perikanan, wilayah pesisir yang terkena abrasi, serta aspek lainnya bagi kehidupan manusia!

Jawaban:

Manfaat data citra satelit pada berbagai aspek kehidupan adalah sebagai berikut.

1. Perikanan, citra satelit dapat menampilkan data mengenai suhu permukaan laut, sehingga dapat dipetakan wilayah yang ikannya melimpah berdasarkan suhu permukaan laut.

2. Wilayah pesisir yang terkena abrasi, citra satelit dapat menampilkan informasi luas dari wilayah pesisir. Dengan membandingkan citra satelit dari waktu ke waktu, maka dapat diidentifikasi wilayah mana saja yang mengalami abrasi dan biasanya ditandai dengan pengurangan luas wilayah pesisir.

3. Pengelolaan sumber daya alam, citra satelit dapat menampilkan informasi terkait ketersediaan sumber daya alam di suatu wilayah, sehingga dapat dipetakan persebarannya dan ditentukan upaya pengelolaan yang paling optimal.

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses di kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.