Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 183 dan 184 Pasar Berdasarkan Strukturnya IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 183 dan 184 Pasar Berdasarkan Strukturnya IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 6

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas di bawah ini secara berkelompok.

• Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas.

• Amatilah lingkungan sekitar kalian untuk menjawab pertanyaan di bawah ini.

• Tulis atau ketik laporan kalian.

• Jawablah dan diskusikan dengan temanmu beberapa pertanyaan di bawah ini.

• Sampaikan pendapat kalian di kelas.

Pertanyaan:

• Carilah perbedaan pasar berdasarkan strukturnya!

Jawaban:

Dilihat dari strukturnya, pasar dapat dibedakan menjadi dua, yakni :

1. Pasar persaingan sempurna

Sering pula disebut pasar persaingan murni. Dikutip dari buku buku Teori Ekonomi Mikro (2019) karya Ansar, pasar persaingan sempurna adalah pasar yang di dalamnya ada banyak penjual, dengan karakteristik barang atau jasa relatif seragam. Harga dalam pasar ini tidak ditentukan sepihak oleh produsen, melainkan dari hasil kesepakatan penawaran dan permintaan.

Contoh pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual hasil pertanian, seperti beras, buah, dan sayur.

Menurut Vincent Gaspers dalam buku Ekonomi Manajerial: Pembuatan Keputusan Bisnis (1996), suatu pasar bisa dikatakan memiliki persaingan sempurna apabila memenuhi empat kriteria berikut:

a. Produk tiap perusahaan hampir sama

b. Ketentuan bersama di antara semua produsen dapat memengaruhi harga pasar

c. Tidak ada batasan untuk masuk atau keluar bagi produsen

d. Semua perusahaan memiliki pengetahuan yang lengkap mengenai produk.

2. Pasar persaingan tidak sempurna

Dilansir dari buku Dasar Ilmu Ekonomi (2022) karya Nugrahini Susantinah dkk, pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang hanya memiliki satu atau beberapa penjual. Harga dalam jenis pasar ini bisa ditentukan oleh penjual. Terlebih lagi, barang atau jasa yang ditawarkan memiliki perbedaan karakteristik atau jenis.

Pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi lima jenis, yakni pasar monopoli, oligopoli, persaingan monopolistik, monopsoni, dan oligosopni.

a. Pasar monopoli

Adalah pasar di mana hanya terdapat satu jenis barang atau jasa.

b. Pasar oligopoli

Merupakan jenis pasar di mana hanya ada beberapa penjual untuk suatu barang tertentu. Sehingga antara penjual yang satu dan lainnya bisa memengaruhi harga.

c. Pasar persaingan monopolistik

Adalah pasar yang di dalamnya ada banyak penjual dengan barang sejenis tetapi corak atau karakteristiknya berbeda.

d. Pasar monopsoni

Dilansir dari buku Ekonomi Syariah (2021) oleh Fuadi dkk, pasar monopsoni adalah pasar yang memiliki banyak penjual dan satu pembeli.

e. Pasar oligopsoni Jenis pasar ini memiliki beberapa perusahaan yang menghasilkan barang, dan ada pula yang bertindak sebagai konsumen.

• Gambarlah kurva permintaan dan penawaran yang sesuai dengan struktur pasar!

Jawaban:

Kurva Permintaan dan Penawaran Pasar Persaingan Sempurna

Pada gambar diatas terlihat bahwa harga (Po) yang ditentukan oleh pasar/industry barley (sejenis padi-padian, biasanya sebagai bahan sereal) di USA menjadi harga bagi seluruh produsen barley di USA. Seandainya seorang produsen ingin menjual produknya diatas harga pasar, maka produknya tidak akan laku, dan ia terpaksa menurunkan harga hingga harga pasar. Sebaliknya jika seorang produsen menjual produknya dibawah harga pasar, seluruh konsumen akan membeli dari produsen tersebut. Hal ini menyebabkan meningkatnya biaya produksi secara signifikan karena ia harus menambah kapasitas produksi secara berlipat dengan menambah barang-barang modal seperti mesin-mesin. Dengan demikian, ia harus menaikkan kembali harga jualnya hingga harga pasar

Kurva Permintaan dan Penawaran Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar Monopoli

Permintaan yang dihadapi oleh perusahaan monopoli bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah tapi lebih curam atau bersifat inelastis. Karena ciri-ciri tersebut, seorang produsen dalam pasar monopoli memiliki kekuasaan penuh pada pasar tersebut (complete market power). Salah satu alasan terjadinya monopoli adalah karena biaya yang luar biasa besar dibutuhkan untuk memulai suatu usaha.

Pasar Oligopoli

Bentuk kurva permintaan yang dihadapi pasar oligopolis berbentuk kurva permintaan terpatah. Kondisi kurva permintaan yang demikian disebabkan adanya “perang harga” antara perusahaan oligopolis. Kurva tersebut menunjukkan ketegaran harga jika satu perusahaan menurunkan harga maka perusahaan lain di pasar juga ikut menurunkan harga, tapi jika perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan lain tidak ikut menaikkan harga.

Pasar monopolistik

Kurva permintaan yang dimiliki oleh produsen pada pasar monopolistik menurun dari kiri atas ke kanan bawah dan bersifat elastis, hal ini dikarenakan produsen dapat menentukan harga pasar

• Analisislah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing struktur pasar!

Jawaban:

Pasar persaingan sempurna mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Kelebihan pasar persaingan sempurna :

a) mampu mendorong penghematan;

b) pembeli dan penjual bebas bertindak;

c) harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu pembeli saja.

Kekurangan pasar persaingan sempurna antara lain:

a) Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk;

b) terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli;

c) produsen memberi gaji dan upah terlalu rendah pada karyawannya demi penghematan.

Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai keunggulan dan kelemahan

Pasar monopoli

Keunggulan pasar monopoli :

a) monopoli dapat mendorong berkembangnya teknologi dan inovasi terutama dalam upaya menekan biaya produksi,

b) memaksimumkan keuntungan dengan melakukan diskriminasi harga yaitu melakukan penjualan dengan harga yang berbeda pada dua pasar yang berbeda.

Kelemahan pasar monopoli :

a) distribusi pendapatan tidak merata,

b) penetapan harga jual produk tanpa menghiraukan daya beli masyarakat.

• Pada kondisi seperti saat ini, manakah pasar yang paling menguntungkan untuk masyarakat, mengapa?

Jawaban:

Pasar konkret

Pasar konkret merupakan pasar dengan barang yang dijual ada ditempat dan bisa langsung dibawah pembeli.

Contohnya: pasar tradisional, pasar ikan, pasar elektronik, pasar swalayan, supermarket, hypermarket, mall dan supermall.

Hal ini karena dalam pasar konkrit masyarakat dapat masuk dan keluar dengan mudah. Selain itu sangat sedikit intervensi dari pihak lain dalam pasar konkret. Serta dengan maraknya pasar elektronik memudahkan msyarakat dalam bertransaksi.

• Analisislah perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring)

Jawaban:

Bentuk pasar menurut wujudnya meliputi pasar konkret dan pasar abstrak antara lain:

a) Pasar Konkret (pasar nyata) adalah pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli, contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain.

b) Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), adalah pasar di mana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung dapat diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang dijual, contoh pasar abstrak adalah telemarket dan pasar modal.

• Bagaimana pengaruh pesatnya perkembangan teknologi infomasi terhadap pasar?

Jawaban:

Dampak kemajuan iptek terhadap pasar

adalah semakin meningkatnya pasar abstrak. Adanya kemajuan teknologi, pembeli dan penjual tidak perlu lagi bertemu secara langsung untuk melakukan transaksi. Melalui pasar abstrak (e-commerce) pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi dengan mudah, cepat, dan aman.

• Analisislah pengaruhnya bagi pasar konkret!

Jawaban:

Pengaruhnya bagi pasar konkret

Perkembangan teknologi informasi saat ini mempengaruhi kegiatan jual beli masyarakat di pasar konkret. Jumlah penjual dan pembeli dipasar konkret semakin menurun karena masyarakat beralih ke pasar abstrak yang dianggap lebih efisien dalam hal waktu, tenaga, dan biaya transportasi. Berkat kemajuan teknologi informasi, kegiatan jual beli bisa dilakukan dengan mudah melalui jual beli online sehingga masyarakat lebih tertarik untuk melakukan jual beli secara online. Hal ini, menyebabkan pasar konkret tidak seramai sebelumnya.

 

Untuk Mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran lainnhya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *