Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 149 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 6 halaman 149 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 6 Aktivitas Individu

Bagaimana hikmah yang kalian dapatkan dari politik yang terjadi di Singhasari? Bandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa ini!

Jawaban:

Hikmah dari politik yang terjadi di Singhasari dibandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa sekarang:

Politik kerajaan banyak terjadi ekspansi (perluasan) kerajaan. Banyak terjadi perang antar kerajaan untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Berbeda dengan Indonesia kini berupa negara kesatuan yang terdapat provinsi-provinsi yang memiliki pemerintahan daerah. Tidak ada perang dengan tujuan perebutan wilayah kekuasaan.

Politik demokrasi yang dijalankan Indonesia merupakan yang terbaik. Hal ini karena negara yang berasaskan demokrasi cenderung bisa lebih adil dengan rakyak dapat memilih pemimpinnya sendiri. Sedangkan yang terjadi di Singhasari menganu sistem dinasti kerajaan banyak terjadi perebutan kekuasaan antara keluarga kerajaan sendiri.

Penjelasan

Politik yang terjadi zaman Kerajaan Singhasari adalah politik dinasti. Politik dinasti mengharuskan penerus tahta ada keturunan raja. Bisa merupakan anak kandung, cucu, kerabat dekat, atau menantu. Raja pun dianggap penguasa satu-satunya dan bisa bertindak sesuai keinginannya.

Politik Kerajaan banyak memicu perebutan kekuasaan diantara keluarga kerajaan sendiri. Ditambah perebutan wilayah kekuasaan dari luar Kerajaan menambah penyebab banyaknya terjadi perang di masa itu, baik perang saudara maupun perang antar kerajaan.

Indonesia yang kini sudah menjadi negara dari Aceh hingga Papua, menjalankan politik Demokrasi. Demokrasi dimana rakyat menjadi penentu kekuasaan. Rakyat dapat memilih pemimpinnya sendiri.

Demokrasi juga politik yang mendengarkan pendapat dan keinginan rakyatnya. Politik demokrasi tidak terikat dengan kekuasaan keluarga. Pemimpin negara dan perwakilan rakyat di parlemen merupakan orang- orang yang dipilih langsung oleh rakyat saat pemilu.

Untuk mendapatkan Pembahasan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *