Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 8 Bacaan “Harga Tanah di Sedayu Bantul Juga Melejit Gara-gara Bandara Baru” IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 8 Bacaan “Harga Tanah di Sedayu Bantul Juga Melejit Gara-gara Bandara Baru” IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 4

Harga Tanah di Sedayu Bantul Juga
Melejit Gara-gara Bandara Baru

Harga tanah di sekitar Yogyakarta International Airport (YIA) melambung hingga Rp10 juta per meter persegi. Tidak hanya di dekat bandara baru, harga tanah di Sedayu, Bantul yang dilintasi menuju bandara juga ikut terdongkrak. Euforia megaproyek YIA dirasakan semua sudut hingga yang jauh dari zona bandara. Harga tanah terus menjulang tinggi. Daerah yang sebelum ada proyek pembangunan bandara harga tanahnya Rp500.000 per meter persegi, sekarang sudah lebih dari Rp1 Juta. Harga kavling rumah di Sedayu dengan luasan 80-100 meter sebelumnya berkisar Rp150 juta, sekarang sudah mencapai Rp400 juta.

Sumber: Harian Jogja.com

Diskusikanlah dengan kelompok kalian, jenis lokasi apa yang memengaruhi kenaikan harga tersebut? Mengapa bisa terjadi kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru?

Jawaban:

Kenaikan harga lahan di sekitar bandara baru juga disebabkan oleh adanya jaminan akan pembangunan di sekitar bandara. Pembangungan tersebut dilakukan untuk mempermudah akses menuju bandara. Mulai dari pembangunan jalan raya baru, hingga sarana pendukung lainnya seperti fasilitas kesehatan hingga perbelanjaan.

Penjelasan:

Jenis lokasi tanah yang dapat memiliki potensi kenaikan harga jual adalah:

a. Terletak pada lokasi yang strategis, seperti di tengah kota, berdekatan dengan berbagai macam fasilitas hingga lingkungan yang mendukung untuk membuka bisnis/tempat tinggal.

b. Lokasi tanah/bangunan dimiliki oleh pihak yang terpercaya, beberapa pengembang properti biasanya tidak langsung membangun rumah namun membeli tanah mulai dari lokasi awal hingga tanah di sekitar lokasi untuk perluasan pengembangan proyeknya. Lokasi ini juga berpotensi mengalami kenaikan harga.

c. Permintaan tempat tinggal yang tinggi, suatu lokasi juga dapat mengalami kenaikan saat banyaknya permintaan tempat tinggal karena terbatasnya lahan yang siap untuk dibangun.

d. Suatu lokasi dapat mengalami kenaikan harga juga dapat dipengaruhi oleh ketatnya peraturan untuk membuka lahan hunian baru.

 

Demikian pembahasan yang dapat kami sajikan, semoga dapat reverensi belajar adik adik semua.

Untuk mencari materi Kurikulum Merdeka lainnya dapat di akses ke alamat kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.