Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 145 Sriwijaya disebut Kedatuan bukan Kerajaan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 145 Sriwijaya disebut Kedatuan bukan Kerajaan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Individu

Mengapa Sriwijaya disebut Kedatuan bukan Kerajaan?

Jawaban:

Kerajaan Sriwijaya menerapkan sistem monarki kedatuan. Oleh sebab itu, beberapa ahli sejarah lebih sepakat menyebut Sriwijaya sebagai kedatuan, bukan kerajaan. Kedatuan Sriwijaya didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa pada abad ke-7, di tepian Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

Arkeolog dan sejarawan asal Perancis, George Coedes, mengemukakan alasan lain mengapa Sriwijaya disebut kedatuan, bukan kerajaan. Menurut Coedes, nama kedatuan melekat pada Sriwijaya karena kerajaan itu merupakan sebuah pusat ilmu dan ajaran agama Buddha. Coedes menyebutkan, kedatuan adalah tempat orang-orang belajar agama Buddha. Oleh karena itu, menurut dia, Sriwijaya lebih tepat disebut sebagai kedatuan ketimbang kerajaan.

Pendapat Coedes bisa merujuk pada tulisan Biksu I-Tsing yang mengisahkan bahwa Kedatuan Sriwijaya adalah pusat ilmu dan ajaran Buddha di Asia Tenggara pada masa itu.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.