Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Kelompok halaman 210 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 1 Aktivitas kelompok halaman 207 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 2 Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 orang

2. Identifikasi pengaruh unsur ikllim terhadap keragaman budaya yang ada di sekitar tempat tinggal kalian!

3. Gunakan unsur iklim berikut: awan, suhu, kelembaban, tekanan udara, kelembaban udara, hujan, angin, dan lamanya penyinaran matahari

4. Lengkapi LKPD berikut, setelah selesai berikan kepada guru untuk diperiksa

Lembar Kerja Peserta Didik

Lokasi:

5. Jangan lupa untuk mempresentasikan di depan kelas

Jawaban:

Pengaruh unsur iklim terhadap keragaman budaya:

a. Mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya * Bagi petani, inefisiensi pertanian menyebabkan transformasi lahan dan perubahan pola produksi *

b. Bagi nelayan, pergi ke laut saat intensitas badai meningkat Artinya bukan hal yang baik, tetapi budaya yang dihasilkan dari interaksi manusia dengan alam tidak dapat dipaksakan

c. Ketika iklim dingin budaya di daerah pegunungan akan menjadi menonjol dalam menggunakan pakaian tebal

d. Daerah pesisir pantai akan lebih sering memilki budaya olahraga surfing ketimbang orang yang tinggal di pegunungan.

e. Dalam suhu yang baik untuk kopi atau iklim sejuk. tentu masyarakat sekitar akan memilki budaya sebagai petani kopi sebagai komoditi pertanian yang utama.

f. Kalimantan yang memilki cuaca yang panas, orang-orang sekitar lebih memilih untuk membeli baju yang tipis agar tidak kepanasan pada siang harinya.

g. Orang eropa yang memiliki suhu hingga minus dua derajat mereka lebih memilih untuk mempunyai budaya meminum alkohol sebagai media menghangatkan tubuh.

h. Orang kutub membuat budaya dalam pembuatan rumah mereka yang disebut anglo berbentuk kubah, karena iklim yang sangat rendah.

i. Orang di luar negri mempunya keunikan budayanya sendiri, yaitu kebanyakan di tiap rumah memilki tempat untuk membakar kayu bakar sebagai alat menghangatkan ruangan.

j. Sebagai orang indonesia yang memiliki iklim tropis. kita memiliki budaya untuk selalu membawa jas hujan ketika berpergian menggunakan motor. karena iklim tropis bisa tiba-tiba hujan walaupun tadinya panas terik.

Unsur Iklim

a. Awan

Awan merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Keberadaan awan terjadi dari kumpulan titik air atau kristal es yang terjadi karena adanya kondensasi uap air yang terdapat pada atmosfer. Awan yang menjadi unsur-unsur cuaca dan iklim ini terjadi karena udara yang mengandung uap air naik sehingga suhunya turun sampai di bawah titik embun. Awan ini dapat berupa benda padat atau gas.

b. Suhu

Suhu merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Keberadaannya menjadi satu di antara faktor dari perubahan cuaca. Suhu yang menjadi unsur-unsur cuaca dan iklim adalah pengaruh temperatur berbeda dari tempat yang satu dan lainnya.

Penyebab perubahan suhu hingga memengaruhi cuaca dan iklim adalah:

– Durasi dan sudut sinar matahari ke bumi, akibat letak lintang suatu wilayah.

– Ketinggian suatu wilayah. Area datar biasanya menerima panas matahari lebih besar.

– Kondisi awan. Makin banyak awan, maka panas matahari akan banyak terserap oleh awan tersebut dan bumi hanya menerima lebih sedikit.

– Kondisi pepohonan di bumi. Makin banyak tumbuhan tinggi, maka panas matahari akan tertahan.

c. Kelembapan Udara

Kelembapan udara merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Adanya kelembapan udara dipengaruhi kandungan uap air yang ada di udara pada waktu tertentu. Kelembapan udara bisa berubah-ubah dan bergantung pada suhu di suatu tempat. Pengukuran kelembapan udara yang menjadi unsur-unsur cuaca dan iklim adalah umumnya menggunakan higrometer.

d. Tekanan Udara

Tekanan udara merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Adanya tekanan udara dipengaruhi akibat keberadaan berat lapisan udara. Tekanan udara yang menjadi unsur-unsur cuaca dan iklim ini disebut juga dengan kerapatan massa udara dalam suatu wilayah tertentu, dan bisa berubah. Tekanan udara diukur menggunakan barometer.

e. Curah Hujan

Curah hujan merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Pengaruh curah hujan adalah jumlah atau intensitas air hujan yang turun di suatu tempat dalam kurun tertentu. Tingginya unsur-unsur cuaca dan iklim seperti curah hujan di setiap wilayah berbeda-beda, tergantung garis lintang, ketinggian tempat, arah angin, suhu udara, serta luas daratan. Curah hujan diukur dengan ombrometer.

f. Angin

Angin merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Angin dalam jumlah yang besar timbul oleh rotasi bumi serta adanya perbedaan tekanan udara di sekitar. Unsur-unsur cuaca dan iklim seperti angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke bertekanan rendah. Angin dapat diukur dengan anemometer.

g. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan unsur-unsur cuaca dan iklim. Matahari memancarkan sinarnya ke segala arah, dan bumi yang mengelilinginya menerima sinar matahari tersebut. Proses penyinaran matahari pada bumi disebut insolasi.

Akibat penyinaran matahari yang menjadi unsur-unsur cuaca dan iklim, terjadilah pemanasan di permukaan bumi. Proses pemanasan tersebut dinamakan radiasi. Radiasi dari sinar matahari menjadi sumber pemanas utama bagi bumi.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *