Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu halaman 114 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu halaman 114 IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 18 Aktivitas Individu

Bagaimana menggunakan teknologi yang semestinya untuk mendukung ketersediaan sumber daya alam?

Jawaban:

Negara maju mempunyai perkembangan iptek yang lebih cepat dan merata dibandingkan dengan negara berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini ternyata dapat berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas produksi suatu barang. Negara yang mempunyai perkembangan iptek yang baik akan memaksimalkan proses produksinya.Dengan begitu, negara akan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakatnya dengan optimal sehingga membuat harga menjadi terjangkau.

Contoh penggunaan teknologi yang semestinya untuk mendukung ketersediaan sumber daya alam, tercermin dalam:

1. Teknologi untuk Sumber Daya Alam Pertanian

Manusia memanfaatkan teknologi untuk sumber daya alam pertanian dalam hal pengolahan tanah dan pengolahan hasil pertanian.

Dulunya masyarakat mengolah tanah dengan alat sederhana, yakni cangkul dan bajak. Kini, pengolahan tanah menggunakan mesin traktor. Sementara itu hasilnya dulu hanya diolah dengan ditumbuk menggunakan lesung. Kini ada mesin penggiling padi sehingga jadi lebih cepat.

2. Teknologi untuk Sumber Daya Laut

Sumber daya alam laut Indonesia sangat banyak, hal ini tentu saja sebanding dengan luas lautan Indonesia. Salah satu yang banyak dimanfaatkan adalah ikan. Manusia menggunakan teknologi untuk menangkap dan mengolah ikan.

Dulunya nelayan menggunakan perahu dan alat sederhana, kini nelayan menggunakan alat penangkap modern untuk menangkap ikan. Namun perlu diingat, penggunaan teknologi untuk menangkap ikan ini harus bijak, tidak boleh gunakan pukat harimau.

3. Teknologi untuk Sumber Daya Alam Hutan

Hutan merupakan tanah yang luas dan banyak ditumbuhi pepohonan. Pohon ini dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan untuk mengolah kayu atau pohon menjadi benda-benda yang tepat guna. Teknologi ini juga harus digunakan dengan bijak. Kita tidak boleh sembarangan menebang pohon.

Sebaiknya, tebang pohon yang usianya sudah tua. Dengan begitu pohon yang masih muda bisa tumbuh lebih besar lagi.

 

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.