Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Kelompok halaman 110 dan 111 Kelangkaan Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Kelompok halaman 110 dan 111 Kelangkaan Sumber Daya Alam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 17 Aktivitas Kelompok

Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam. Hal ini merupakan modal penting untuk memperoleh manfaat ekonomi demi kesejahteraan bangsa Indonesia. Namun, eksploitasi sumber daya alam berlebih dapat berakibat pada menipisnya cadangan sumber daya alam. Sumber daya alam yang semakin menipis ini tidak dapat memenuhi kebutuhi kebutuhan manusia sehingga terjadi kelangkaan. Sebagai contoh, cadangan minyak dan batu bara semakin menipis sementara kedua sumber daya alam tersebut masih dibutuhkan untuk memenuhi aktivitas manusia sehari-hari.

• Bagaimana faktor-faktor sumber daya alam dapat menjadi langka?

Jawaban:

Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

1. Overpopulasi

Overpopulasi adalah kelebihan jumlah manusia yang tinggal di bumi. Kebutuhan manusia yang bergantung pada sumber daya alam tidak semuanya bisa terpenuhi. Oleh karena itu, kelangkaan sumber daya alam akan terus terjadi jika populasi manusia semakin meningkat dan tidak terkontrol.

2. Pengolahan Lahan Pertanian yang Buruk

Manusia, untuk memenuhi kebutuhan pangannya harus bercocok tanam dan menghasilkan sesuatu yang bisa dikonsumsi.

Namun, karena terlalu bergantung pada pupuk kimia, akhirnya kondisi tanah pertanian jadi rusak dan tidak bisa ditanami kembali. Penggunaan traktor mesin, meskipun mempercepat pekerjaan petani, dampak buruknya adalah mencemari lingkungan. Manusia pun tidak bisa memenuhi kebutuhan pangan dan terjadilah kelangkaan bahan makanan.

3. Deforestasi Hutan

Akibat deforestasi atau penggundulan hutan, yang ditujukan untuk tempat tinggal atau lahan industri, akhirnya terjadilah kelangkaan keanekaragaman hayati, menipisnya udara bersih. Hal ini membuat semakin sedikitnya pasokan air bersih yang dibutuhkan.

4. Konsumsi Sumber Daya Alam yang Berlebihan

Sumber daya alam terus diambil dan dikonsumsi secara berlebihan. Akibatnya, kelangkaan sumber daya alam terus meningkat, seiring perkembangan teknologi yang memudahkan manusia.

5. Polusi

Akibatnya, sumber daya air bersih berkurang, udara sehat berkurang, pemanasan global, dan berbagai macam spesies flora dan fauna terancam kepunahan.

6. Perkembangan Industri dan Teknologi

Tidak hanya menguntungkan, perkembangan industri dan teknologi juga merugikan manusia. Sebab, kegiatan tersebut menghasilkan limbah kimia yang beracun, mencemari tanah, air, dan udara.

• Mengapa sumber daya alam masih dibutuhkan hingga saat ini untuk memenuhi kebutuhan manusia?

Jawaban:

Karna sumber daya alam sangat penting bagi manusia , jika tidak ada sumber daya alam maka manusia akan sulit bertahan hidup dan melakukan aktifitas.

• Bagaimana ide kalian untuk menanggulangi kelangkaan sumber daya alam yang semakin menipis? Buatlah gagasan/ide yang tepat guna!

Jawaban:

Cara untuk mengatasi kelangkaan

1. Menyusun skala prioritas

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia perlu membuat perencanaan. Perencanaan ini disusun berdasar prioritas dari mulai yang penting, hingga yang tidak penting. Penyusunan skala perencanaan ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi kelangkaan, karena menggunakan alat pemuas kebutuhan berdasar sifat mendesak atau tidaknya alat pemuas ini harus dipenuhi.

2. Menghemat penggunaan sumber daya alam.

Meski hasil alam ini berlimpah, namun jika pemanfaatannya tidak dibatasi, maka lambat laun akan menipis dan kemudian habis. Manusia diharapkan bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam ini, bukan mengeksploitasi secara berlebih. Kita perlu mengingat, bahwa bumi dan seluruh kekayaan alam di dalamnya, bukan warisan dari leluhur, melainkan merupakan pinjaman dari anak, cucu, dan cicit kita.

3. Memelihara kelestarian alam

Diperlukan kesadaran manusia untuk melestarikan kekayaan sumber daya alam ini dengan menanami atau meremajakan hutan kembali.

4. Memanfaatkan sumber daya pengganti

Setelah bertahun-tahun dimanfaatkan, persediaannya akan menipis. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat atas ketersediaan minyak bumi sebagai sumber energi, maka dibuatlah sumber energi alternatif seperti biogas, biodiesel, dan lain sebagai pengganti minyak bumi.

 

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *