Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 16 Aktivitas Individu halaman 109 Pembangunan Berkelanjutan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 16 Aktivitas Individu halaman 109 Pembangunan Berkelanjutan IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 16 Aktivitas Individu

Kalian perlu ketahui, terumbu karang merupakan makhluk hidup. Terumbu karang dapat bertumbuh dan berkembang di lautan. Terumbu karang merupakan makanan, tempat berlindung, sekaligus tempat berkembang biak makhluk hidup yang ada di laut. Berbagai manfaat tersebut sangat memengaruhi kelangsungan ekosistem makhluk hidup di laut. Ternyata, terumbu karang banyak dirusak oleh manusia. salah satunya dengan penggunaan bom ikan Keserakahan manusia untuk mengekploitasi laut telah mengorbankan makhluk hidup lainnya. Berkenaan dengan hal tersebut, kalian perlu mencari informasi di internet, surat kabar, jurnal, buku atau dari nelayan sendiri dengan kata kunci “Terumbu Karang”.

Sebelum mencari informasi mengenai terumbu karang, kalian perlu memperhatikan pertanyaan berikut.

• Bagaimana bentuk dari proses pembangunan keberlanjutan dalam mengelola sumber daya yang ada di laut?

Jawaban:

Sumber daya laut adalah sumber daya yang meliputi, ruang lingkup yang luas yang mencankup kehidupan laut (flora dan fauna, mulai dari organisme mikroskopis hingga paus pembunuh dan habitat laut) mulai dari perairan dalam sampai ke daerah pasang surut dipantai dataran tinggi dan daerah muara yang luas.

Pengelolaan yang harus dilakukan membutuhkan keterkaitan dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Pengelolaan sumber daya kelautan berkelanjutan sangat penting dilakukan agar bisa mengarah pada tujuan.

1. pengelolaan potensi laut dan pesisir yg bisa dilakukan dengan berbasis masyarakat.

2. menambah pengawasan dan juga pengendalian terhadap sumber daya yang ada di laut.

3. meningkatkan konservasi laut dan juga memperbaiki ekosistem yang mungkin sudah mengalami kerusakan.

4. menjaga laut dan pesisir dari pencemaran.

5. menggunakan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga ekosistem dan pesisir.

• Bagaimana konsep pembangunan berkelanjutan dengan pelestarian terumbu karang?

Jawaban:

Pembangunan berkelanjutan untuk pelestarian terumbu karang:

1. Menjaga kebersihan laut dan pesisir pantai dari sampah.

2. Menjaga terjadinya erosi laut.

3. Menangkap ikan tanpa merusak terumbu karang.

4. Tidak mengambil karang dan terumbu karang untuk dibawa pulang.

5. Pengenalan karang dan terumbu karang sejak dini.

6 Sosialisasi fungsi dan manfaat dari terumbu karang.

• Bagaimana prediksi dari hasil temuan kalian mengenai konsep pembangunan keberlanjutan untuk masa depan maritim dan bahari Indonesia dari terumbu karang?

Jawaban:

Bagi Indonesia, ini adalah salah satu tugas penting dan menjadi satu kesempatan yang besar. Sebagai negara kepulauan dengan keanekaragaman hayati laut dan komunitas pesisir yang tinggi, Indonesia perlu mengubah tantangan menjadi peluang dan memastikan bahwa tindakan yang dilakukan sudah selaras dengan kebutuhan masyarakat, laut yang sehat, dan kesejahteraan.

Penyelamatan ekosistem laut dunia memerlukan kerja sama yang kuat antarnegara untuk bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan agar bisa mewujudkan laut yang sehat untuk pembangunan berkelanjutan. Bagi Indonesia, menyelamatkan laut dunia harus dimulai dengan kebijakan yang tepat dan pas disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *