Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 15 halaman 302 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 15 halaman 302 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 15

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara berkelompok.

• Gunakan berbagai sumber untuk mengerjakan tugas ini.

• Presentasikan laporan tugas di kelas.

Tugas:

Amatilah lingkungan tempat kalian tinggal, jelaskan dan analisalah beberapa aspek berikut!

• Jelaskan hubungan antara tempat tinggal kalian baik dengan desa maupun kota di daerah kalian! Sumber daya alam, sumber daya manusia atau kegiatan yang membuat orang berpindah atau bepergian dari desa-kota dan sebaliknya.

Jawaban:

Perbandingan karakteristik desa dan kota terdekat adalah pada infrastruktur yang dimiliki jika masyarakat perkotaan memiliki sarana atau prasarana yang lebih lengkap dibandingkan desa. Namun, tidak mungkin untuk membandingkan hal ini karena kebutuhan kedua komunitas tersebut sangat berbeda.

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan biasanya sederhana tetapi primer seperti irigasi, jaringan listrik dan berbagai hal terkait lainnya, sedangkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat perkotaan adalah taman, gedung olahraga, dan merupakan kebutuhan yang lebih sekunder seperti taman.

Di desa Arenan yang membuat orang perpindah ke kota:

1. Pekerjaan di PT

Banyak sekali warga desa yang menggantungkan kehidupannya bekerja di kota yaitu di PT. Warga Arenan pun juga ada yang merantau ke luar jawa seperti Batam untuk bekerja.

2. Membeli kebutuhan untuk di jual kembali di warungnya.

3. Membeli BBM.

dsb.

• Apabila kalian tinggal di kota maupun daerah pinggiran kota: kebutuhan kota apa yang ditopang oleh desa?

Jawaban:

Perkembangan daerah perkotaan tidak terlepas dari peran penting desa sebagai daerah penopang atau penyangga. Fungsi desa sebagai daerah penyangga disebut sebagai hinterland. Daerah hinterland adalah daerah yang menyediakan bahan pangan, bahan baku industri, dan penyedia tenaga kerja bagi kota-kota di sekitarnya.

• Apabila kalian tinggal di desa: kebutuhan apa yang membuat orang yang tinggal di desa datang ke kota?

Jawaban:

Urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota terjadi karena sejumlah sebab. Salah satunya, berasal dari kebutuhan penduduk. Penduduk desa yang pindah ke kota pada umumnya didasari oleh kebutuhan ekonomi dengan mencari pekerjaan yang layak di kota. Selain itu, kota dengan segala fasilitasnya yang memadai memungkinkan penduduk untuk melakukan aktualisasi diri seperti bersekolah, bekerja, bersosialisasi, dan menambah keterampilan.

• Bagaimana keterjangkauan menuju kota-desa atau sebaliknya?

Jawaban:

Keterjangkauan menuju desa-kota sangatlah terjangkau. Banyak transportasi umum yang masih dapat menjangkau desa. Untuk jalanannya pun masih sangat baik walaupun ada beberapa yang rusak.

• Jelaskan kekhasan wilayah kalian, baik lingkungan fisik dan sosialnya!

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *