Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 14 halaman 104 Siapa Syekh Yusuf Al-Makassari IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 14 halaman 104 Siapa Syekh Yusuf Al-Makassari IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 13

Siapa Syekh Yusuf yang menjadi penyebar Islam di Afrika Selatan?

Jawaban :

Syekh Yusuf Al-Makassari adalah seorang ulama dan pahlawan nasional Indonesia yang pernah berjuang menentang penjajahan Belanda. Ia juga sering disebut sebagai Syekh Yusuf Abu Mahasin Hadiyatullah Taj al-Khalawati al-Makassari atau Tuanta Salamaka ri Gowa, yang artinya “Guru Kami yang Agung dari Gowa”. Karena sikap intolerannya terhadap penjajahan Belanda, Syekh Yusuf Al-Makassari diasingkan ke Sri Lanka dan Afrika Selatan. Kendati demikian, di pengasingannya, ia tetap bertahan sebagai seorang pedakwah Islam hingga menjadi sosok berpengaruh di Afrika Selatan.

Syekh Yusuf Al-Makassari atau Syekh Yusuf Abul Mahasin Tajul Khalwati Al-Makasari Al-Bantani lahir pada 3 Juli 1626 di Gowa, Sulawesi Selatan. Ia merupakan putra dari Abdullah, yang diriwayatkan sebagai seorang ulama suci dan memiliki karomah, dan Aminah, putri dari Gallarang Moncongloe.

Selain belajar Al Quran, Syekh Yusuf Al-Makassari memelajari ilmu nahwu sharaf, mantik, dan beberapa kitab kepada Syekh Ba’ Alwi bin Abdullah al-Allamah Tahir dari Bontoala. Dalam waktu cukup singkat, ia mampu menguasai kitab-kitab tauhid dan fikih.

Usianya telah menginjak 19 tahun, ia memilih melanjutkan pendidikan ke luar negeri pada 1645. Dalam perjalanannya itu, Syekh Yusuf singgah di Banten dan Aceh, di mana ia berguru kepada Syekh Nuruddin Hasanji bin Muhammad Hamid al-Quraisyi Raniri hingga menerima ijazah tarekat Qadiriyah.

Dari Aceh, Syekh Yusuf beranjak ke Timur Tengah, tepatnya di Yaman, di mana ia belajar kepada Sayyid Syekh Abi Abdullah Muhammad Abdul Baqi hingga mendapat ijazah tarekat Naqsyabandi. Setelah itu, ia belajar ke beberapa guru di Madinah dan Damaskus, hingga menerima ijazah tarekat al-Ba’laqiyyah, tarekat Syattariyah, dan tarekat Khalawatiyah.

Bagaimana peran beliau di Indonesia?

Jawaban:

Syekh Yusuf Tajul Khalwati adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang memimpin pemberontakan dari Gowa, Sulawesi Selatan. Pada 1683, ia bersama Pangeran Purbaya dan Pangeran Kidul bergerilya untuk melawan Belanda di Tangerang. Karena Syekh Yusuf Tajul Khalwati dianggap menyulitkan Belanda, ia dibuang ke Sri Lanka yang kemudian dipindah ke Cape Town, Afrika Selatan. Kendati demikian, Syekh Yusuf Tajul Khalwati tidak berhenti berdakwah. Ia juga merupakan salah satu yang menyebarkan dasar Islam di Afrika Selatan.

Syekh Yusuf juga berperan sebagai penasihat kerajaan dan menulis beberapa kitab terkait tasawuf. Melihat kondisi Indonesia di bawah jajahan bangsa asing, ia pun tidak tinggal diam dan berperan dalam perlawanan terhadap Belanda. Perlawanan itu kandas, karena ia ditangkap oleh Belanda pada 1683 di daerah Sukapura dan kemudian dipenjara.

Demikian pembahasan tentang Syekh Yusuf Al-Makassari, semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan kunci jawaban materi kurikulum merdeka lainnya dapat diakses melaui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.