Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 13 halaman 42 “Makanan Khas Daerah di Indonesia” IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 13 halaman 42 “Makanan Khas Daerah di Indonesia” IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 13

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3-5 orang.

2. Carilah berbagai produk yang ada di rumah (bisa bahan makanan kemasan atau barang) yang ada di rumah masing-masing.

3. Perhatikanlah informasi lokasi pembuatan produk yang terdapat di kemasan.

4. Tulislah hasil informasi tersebut pada tabel berikut ini.

Jawaban:

Indonesia adalah negara dengan beragam kebudayaan. Ini berimbas pula pada karakter produk masing-masing daerahnya. Terdapat produk-produk tertentu yang melekat sebagai identitas suatu daerah sehingga menjadi ciri tersendiri yang tak dapat dipisahkan.

Berikut adalah contoh nama produk lengkap dengan asal daerahnya:

a. Gethuk Goreng, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Sokaraja Kabupaten Banyumas.

b. Dawet Ayu, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Banjarnegara.

c. Pempek, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Sumatra Selatan khususnya Palembang.

d. Gudeg, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Yogyakarta.

e. Nopia, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Purbalingga.

f. Kerak Telur, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Betawi.

g. Ayam Betutu, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Bali.

h. Rujak Cingur, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Jawa Timur.

i. Mendoan, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Banyumas.

j. Ayam Taliwang, produk berupa makanan ini asal daerahnya dari Lombok

5. Diskusikan dengan anggota kelompok kalian mengapa produk tersebut dapat berasal dari berbagai wilayah yang berbeda dan presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Jawaban:

Karena di setiap wilayah memiliki Sumber Daya Alam dan kultur budaya yang berbeda-beda maka dari itu kita harus berinteraksi dengan wilayah lain.

Demikian yang dapat kami bahas, semoga dapat menjadi reverensi belajar adik-adik dalam memahami Makanan Khas Daerah di Indonesia.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Untuk mencari pembahasan Soal materi Kurikulum Merdeka yang lain dapat di akses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *