Kunci jawaban Lembar Aktivitas 13 halaman 163 Kepemimpinan Sultan Agung IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci jawaban Lembar Aktivitas 13 halaman 163 Kepemimpinan Sultan Agung IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 13 Aktivitas Individu

Bagaimana sikap kepemimpinan dari Sultan Agung?

Jawaban:

Pada tahun 1613, Sultan Agung diangkat menjadi raja di Kerajaan Mataram, ia terkenal tangkas, cerdas dan taat menjalankan agama Islam. Sultan Agung mempunyai kepribadian yang unik. Disatu sisi, ia adalah seseorang yang taat beragama, disisi lain ia mengkompromikan ajaran-ajaran Islam dengan budaya Jawa yang banyak dipengaruhi oleh kepercayaan Animisme, Dinamisme, Hindu dan Budha.

Sifat Sultan Agung yang rasional yang didukung oleh kemauan yang keras, pengamatan yang cermat dan pengawasan yang ketat disertai ketegasan yang tidak pandang bulu, membuat ia lebih unggul daripada raja-raja lainnya. Sultan Agung bercita-cita menjadi seorang raja dalam arti kata seorang raja diraja, seorang ”ratu Binatara” (raja yang dipuja seperti Dewa) saya seorang raja dan bukan kepala pedagang seperti raja Banten dan Surabaya kata Sultan Agung kepada utusan VOC Caspar Van Surck (1641) yang menghadapnya untuk mencari prioritas perdagangan.

Pemerintahan Sultan Agung, Mataram mengalami puncak kejayaan dengan dibuktikan atas keberhasilan Sultan Agung dalam menjalankan roda pemerintahan. Meskipun pada dasarnya cita-cita dari Sultan Agung untuk menaklukan balada dari Batavia tidak berhasil tetapi paling tidak di bawah kekuasaan Sultan Agung terjadi perkembangan dari segala aspek yaitu, terutama aspek pendidikan, politik, ekonomi serta sosial dan kebudayaan. Sehingga tidaklah heran jika sampai saat sekarang inipun Sultan Agung masih terus dikenang dan mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat karena kegigihan, keluwesan dalam bergaul, sehingga mencetak Sultan Agung menjadi sosok pemimpin yang tangguh, kuat dan teguh dalam pendirian.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *