Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 12 halaman 95 Pembagian Kerja dan Sistem kepercayaan pada Masa Bercocok tanam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 12 halaman 95 Pembagian Kerja dan Sistem kepercayaan pada Masa Bercocok tanam IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 12

Bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan wanita pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Masa bercocok tanam diketahui berlangsung sekitar 9.000-10.000 tahun yang lalu, di mana manusia sudah menggunakan tanah untuk menumbuhkan makanan dan memanfaatkan hewan liar demi kepentingan hidup mereka.

Biasanya, masyarakat akan memilih tempat huni yang jaraknya dekat dengan sumber air dan alam yang mereka olah dan membuat perkampungan. Umumnya, para laki-laki akan bertugas membangun rumah. Di dalam kampung ini biasanya terdiri dari beberapa keluarga yang saling membantu satu sama lain lewat sistem pembagian kerja.

Laki-laki di zaman bercocok tanam ini memang mendapatkan pekerjaan kasar yang membutuhkan tenaga lebih berat, seperti berburu dan membuka lahan baru.

Kaum wanita bertugas untuk merawat serta menghias rumah mereka. Selain itu, kaum wanita juga bertanggung jawab mengumpulkan buah serta menjaga rumah mereka.

Baik kaum wanita dan pria akan menunjuk siapa ketua suku mereka sekaligus membuat aturan hidup sederhana yang harus dijalani oleh masing-masing keluarga.

Bagaimana bentuk sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam?

Jawaban:

Masyarakat pada masa bercocok tanam mengenal kepercayaan akan hal gaib dan orang yang meninggal akan memasuki alam lain.

Berkaitan dengan kepercayaan ini, muncul tradisi pendirian bangunan besar yang disebut tradisi megalitik. Beberapa contoh bangunan megalitik adalah dolmen, menhir, waruga, sarkofagus, dan punden berundak.

Secara umum, sistem kepercayaan pada masa bercocok tanam dapat dibagi ke dalam dua aliran, yaitu animisme (kepercayaan terhadap roh leluhur) dan dinamisme (kepercayaan terhadap benda gaib).

Demikian pembahasan tentang Pembagian Kerja dan Sistem kepercayaan pada Masa Bercocok tanam, semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan kunci jawaban materi kurikulum merdeka lainnya dapat diakses melaui kontenjempolan.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *