Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 12 halaman 288 Cuaca IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 12 halaman 288 Cuaca IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 12

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara berkelompok

• Presentasikan laporan tugas di kelas.

• Gunakan berbagai sumber belajar untuk mencari informasi termasuk data BPS daerah kalian!

Tugas:

1. Amatilah lingkungan sekitar kalian dan jelaskan kondisi cuaca di daerah kalian!

Jawaban:

Di Negara Indonesia, di tempat dimana kita tinggal ini, merupakan daerah beriklim tropis dan memiliki curah hujan tinggi yaitu lebih dari 2000 mm/tahun terutama di daerah yang dilalui garis katulistiwa.

Kondisi cuaca dilingkungan saya saat ini adalah musim penghujan dengan intensitas hujan yang sangat deras setiap harinya. Kondisi cuaca ini memberikan pengaruh pada manusia.

2. Jelaskan keterkaitan kondisi cuaca tersebut dengan sumber daya alam di daerah kalian!

Jawaban:

Curah hujan tinggi membawa dampak positif dan negatif tergantung pada tingkat kondisi wilayah dan intensitas air yang dihasilkan dari curah hujan tersebut, dampak positifnya di antaranya dalam bidang pertanian hujan akan mendatangkan kemudahan bagi para petani untuk pengairan dalam proses penanaman padi di sawah, hujan juga memberi manfaat pada kebutuhan air masyarakat dimana ketersediaan air tanah akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dampak positif tersebut akan selalu dapat dinikmati apabila kondisi lingkungannya baik ditunjang dengan pengelolaan alam baik dengan melestarikan tumbuhan hidup dan kebersihan lingkungan, namun apabila kondisi lingkungannya tidak baik atau rusak, hujan akan mendatangkan dampak negatif berupa bencana alam.

3. Analisalah keterkaitan kondisi cuaca tersebut dengan aktivitas manusia berdasarkan jenis pekerjaan, bentuk rumah, makanan, dan cara berpakaian!

Jawaban:

Kondisi cuaca ini memberikan pengaruh pada manusia terutama pada jenis pekerjaan, bentuk rumah, dan cara berpakaian.

a. Pengaruh cuaca pada pekerjaan yaitu menjadikan masyarakat memilih pekerjaan yang sangat diuntungkan oleh air hujan misal petani, perkebunan, nelayan, dan pemilik tambak ikan.

b. Kondisi cuaca yang hujan ini memberikan pengaruh pada bentuk rumah yaitu masayrakat memiliki bentuk rumah panggung, hal ini dikarenakan untuk menghindari banjir jika hujan turun dengan deras.

c. Kondisi makanan karena pada musim hujan, masyarakat akan memilih makanan yang pedas dan hangat yang bertujuan untuk menghangatkan tubuhnya.

d. Cara berpakaian karena dengan adanya musim hujan saat ini, masyarakat memilih untuk menggunakan pakaian yang hangat dan tebal.

4. Uraikan bentuk aktivitas manusia di daerah kalian yang berpotensi menimbulkan bencana yang terkait dengan atmosfer! Jelaskan temuan kalian!

Jawaban:

Aktivitas manusia yang dapat berpotensi untuk menimbulkan bencana di lapisan atmosfer adalah penggunaan gas CFC. Gas CFC ini dihasilkan oleh benda seperti kulkas dan AC. Penggunaan gas CFC yang terlalu banyak akan berdampak pada kerusakan lapisan ozon. Lapisan ozon yang rusak akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

5. Berikan pendapat!

Jawaban:

Persiapan Musim Hujan yang Wajib Kita Lakukan.

1. Mempersiapkan perlengkapan musim hujan

Lengkapi diri dengan semua barang yang kamu perlukan untuk melawan hujan secara maksimal, seperti jas hujan dan payung.

2. Bersiaplah untuk pemadaman listrik

Saat cuaca ekstrem tiba, bukan tidak mungkin terjadi pemadaman listrik pada area yang terkena banjir. Cara ini sendiri dilakukan oleh PLN untuk melindungi warga agar tidak tersengat aliran listrik. Agar bisa benar-benar siap menghadapi kemungkinan pemadaman yang terjadi, segera miliki senter dan genset, yang dapat berfungsi sebagai lampu darurat.

3. Memiliki peralatan nirkabel

Dalam keadaan terdesak, pastikan ponsel kamu tetap berfungsi penuh dan terisi daya. Langkah ini adalah solusi terbaik ketika kamu memerlukan bantuan obat-obatan atau ingin meminta bantuan, jika terjadi keadaan darurat.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Saat hujan lebat menjadi tinggi, semakin besar juga tingkat kelembapan, yang dapat menyebabkan infeksi maupun penyebaran kuman.

5. Memiliki pola hidup sehat

Kelembaban udara yang tinggi saat musim hujan membuat banyak penyakit menyerang tubuh dengan mudah. Hal ini sendiri akan berpengaruh pada kekebalan tubuh yang ikut menurun. Untuk mendukung imunitas tubuh yang baik, kamu harus memperhatikan pola diet selama musim hujan.

6. Menjaga kebersihan secara optimal

Pada musim hujan, menjaga kebersihan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Pastikan kamu rutin mencuci tangan dan membersihkan tubuh setelah beraktivitas.

7. Hindari tinggal di lingkungan yang lembap

Kondisi lembab dapat menyebabkan perkembangan jamur dengan cepat, juga menyebabkan gangguan kesehatan yang salah satunya adalah infeksi paru-paru.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *