Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 11 halaman 196 Lembaga Jasa Keuangan Khusus IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 11 halaman 196 Lembaga Jasa Keuangan Khusus IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 11

Lembaga Jasa Keuangan Khusus

Petunjuk kerja:

• Kerjakan tugas secara berkelompok.

• Gunakanlah berbagai sumber belajar untuk mengerjakan tugas.

• Untuk mencari informasi tentang lembaga jasa keuangan khusus, kalian dapat mencari secara daring ataupun melakukan wawancara dengan narasumber yang menurut kalian dapat membantu tugas kalian.

• Sampaikan temuan kalian di kelas!

Tugas:

1. Carilah tugas dan fungsi masing-masing dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia), PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa.

Jawaban:

a. Pegadaian

adalah layanan keuanganyang berkontribusi dalam pencegahan pemberian pinjaman yang tidak wajar. Pinjaman yang tidak wajar itu seperti ijon, pegadaian gelap, dan praktik riba lainnya. Menyalurkan kredit maupun usaha-usaha lainnya yang bermanfaat terutama bagi pemerintah, dan masyarakat.

b. PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

SMF memiliki kontribusi penting dalam pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi, penerbitan surat utang, serta penyaluran pinjaman kepada bank penyalur KPR

c. PT. Permodalan Nasional Madani (Persero)

PNM, didirikan sebagai bagian dari solusi strategis pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan akses permodalan dan program peningkatan kapasitas bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK).

d. PT Danareksa (Persero)

PT Danakersa telah berperan aktif dalam pengembangan pasar modal Indonesia dan Industri Keuangan Nasional selama lebih dari 45 tahun dan turut berperan sebagai salah satu penyedia layanan interbank switching di ekosistem pembayaran nasional.

2. Analisislah manfaat dari setiap lembaga jasa keuangan khusus

Jawab:

Semua lembaga keuangan tersebut bermanfaat sebagai penyedia jasa untuk mempermudah transaksi keuangan. Lembaga keuangan dapat dimanfaatkan untuk pengalihan aset, di mana lembaga akan melakukan pengalihan aset dengan cara meminjamkan dana dari tabungan masyarakat kepada pihak lain untuk dikelola dalam masa waktu tertentu.

3. Bandingkan masing-masing lembaga jasa keuangan khusus.

Jawaban:

Jika dibandingkan maka PT yang memiliki kontribusi terbesar dalam melayani masyarakat secara finansial adalah Pegadaian karena merupakan lembaga keuangan non-Bank. Pegadaian didirikan dengan tujuan agar dapat memberikan pinjaman kepada nasabah namun dengan jaminan berupa barang atau surat berharga.

4. Berikan kritik, saran atau pendapatmu mengenai dampak atau kinerja capaian yang telah diraih oleh LPEI, PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa!

Jawaban:

Kinerja apaian yang telah diraih oleh lpei, pt pegadaian, pt sarana multigriya finansial, pt permodalan nasional madani, dan pt danareksa terbilang baik dan semoga kedepannya bisa lebih ditngkatkan lagi

Untuk Mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.