Kunci jawaban Lembar Aktivitas 10 halaman 159 Kedudukan Selat Muria IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci jawaban Lembar Aktivitas 10 halaman 159 Kedudukan Selat Muria IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu

Bagaimana kedudukan Selat Muria yang menjadi pelabuhan Kerajaan Demak pada saat itu?

Selat Muria adalah wilayah laut yang dulunya pernah memisahkan antara daratan Jawa dengan Gunung Muria. Karena keberadaan selat itu, kota-kota pantura yang sekarang bernama Jepara, Kudus, dan Pati pernah berada terpisah di luar daratan Pulau Jawa. Selat Muria merupakan salah satu jalur transportasi dan juga perdagangan yang ramai dilalui pada masaka Kerajaan Demak. Keberadaan selat Muria pernah menjadikan Kota Demak menjadi kota pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi. Selat itu menjadi jalan antara masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa dengan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau lainnya. Dengan adanya selat Muria, masyarakat yang ingin bepergian antara Kudus dan Demak harus menggunakan kapal. Keberadaan selat ini pulalah yang dahulu membuat Kerajaan Demak menjadi kerajaan maritim.

Jadi, Kedudukan Selat Muria merupakan salah satu jalur transportasi dan juga perdagangan yang ramai dilalui pada masaka Kerajaan Demak. Keberadaan selat Muria pernah menjadikan Kota Demak menjadi kota pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *