Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu halaman 214 215 216 dan 217 SOAL C IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu halaman 214 215 216 dan 217 SOAL C IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Contents

LATIHAN SOAL TERPADU

SOAL C

Soal diadaptasi dari sumber: https://www.oecd.org/pisa/38709385.pdf

Soal no 1, 2, dan 3 dikerjakan berdasarkan artikel berikut.

Diskusi kelompok sebagai salah satu bagian dari proses pembelajaran di kelas IPA pagi itu berlangsung seru. Si A salah satu anggota dalam kelompok itu mengemukakan bahwa menurut sumber referensi yang ia baca, gas karbondioksida bukanlah penyebab utama efek rumah kaca. Sementara si B mengemukakan hasil penelusuran informasi yang menunjukkan bahwa efek rumah kaca relatif disebabkan oleh empat gas yang tercantum pada Tabel 1.

Tabel 1. Efek Rumah Kaca Relatif per Molekul Gas

Diskusi kelompok terus berjalan. Si C anggota kelompok lainnya mengemukakan hasil penelusuran informasi berupa Tabel 2.

Tabel 2. Kontribusi Gas Rumah Kaca terhadap Pemanasan Global

Soal 1

Setelah semua anggota kelompok menganalisis Tabel 1 ternyata mereka belum dapat menyimpulkan gas mana yang menjadi penyebab utama kenaikan efek rumah kaca. Mereka memerlukan tambahan data yang akan membantu untuk menyimpulkan gas utama penyebab peningkatan rumah kaca. Manakah diantara data berikut yang paling sesuai untuk membantu mereka menyimpulkan jawabannya?

a. Data tentang sumber masing-masing gas.

b. Data tentang penyerapan keempat gas tersebut oleh tanaman.

c. Data tentang ukuran molekul masing-masing gas.

d. Data tentang jumlah masing-masing gas di atmosfer.

e. Data tentang bahaya masing-masing gas dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban:

D (Data tentang jumlah masing-masing gas di atmosfer)

Alasan memilih jawaban ini adalah:

Keempat gas yang terdapat pada tabel tersebut merupakan gas polutan yang menyebabkan pencemaran udara dan perubahan iklim termasuk pemanasan global (efek rumah kaca). Jumlah gas terbanyak di atmosfer menunjukkan banyaknya aktivitas manusia yang berdampak pada produksi gas tersebut. Semakin banyak gas rumah kaca di atmosfer maka semakin banyak pula radiasi infra merah yang diserapnya sehingga suhu di permukaan bumi semakin tinggi.

Soal 2

Si C dan anggota lainnya membahas Tabel 2 terkait kontribusinya terhadap pemanasan global dan sumber emisinya. Pernyataan yang kurang tepat hasil diskusi kelompok dalam kelas adalah ……

a. Gas rumah kaca yang memberi kontribusi terbesar pada pemanasan global adalah gas CO2.

b. Pengaruh positif peningkatan gas CO2 di atmosfer ini adalah penyerapan gas ini oleh tanaman hijau melalui proses fotosintesis. Ketidakseimbangan jumlah CO2 yang tersedia (0,03% di udara) dengan yang digunakan oleh tanaman menyebabkan suhu bumi terus naik.

c. Penggunaan mobil listrik, dan metode penebangan hutan tanpa membakar adalah upaya yang efektif mengurangi emisi gas rumah kaca.

d. Pemanfaatan limbah organik rumah tangga sebagai pupuk akan mengurangi emisi gas metana di udara.

e. Ozon (O3) adalah gas berbahaya yang merupakan gas rumah kaca sehingga penipisan ozon akan mengurangi pemanasan global.

Jawaban:

E (Ozon atau O3 adalah gas berbahaya yang merupakan gas rumah kaca sehingga penipisan ozon akan mengurangi pemanasan global.)

Alasan memilih jawaban ini adalah:

Ozon (O3) adalah gas berbahaya yang merupakan gas rumah kaca sehingga penipisan ozon akan mengurangi pemanasan global. Ozon adalah gas yang dihasilkan dari aktivitas manusia maupun gas yang secara alamiah tersebar dalam lapisan stratosfer membentuk ketebalan sekitar 35 km. Ketebalan lapisan ozon ini cukup tipis bila dibandingkan dengan tebalnya seluruh atmosfer bumi. Ozon pada lapisan ini dapat menyaring semua sinar ultraviolet matahari yang berbahaya bagi makhluk hidup di bumi.

Pernyataan kurang tepat, sebab perlu penjelasan lebih lanjut tentang sumber ozon yang dihasilkan apakah dari aktivitas manusia atau ozon yang ada pada lapisan stratosfer bumi.

Soal 3

Untuk mengatasi peningkatan gas rumah kaca maka perlu diterapkan prinsip-prinsip kimia hijau yang menjaga bumi tetap lestari. Berikut adalah pernyataan yang tidak mendukung implementasi prinsip kimia hijau.

a. Menggunakan bahan kimia secukupnya dan mengolah limbah hasil reaksi kimia.

b. Mencegah timbulnya limbah pada proses kimia.

c. Efisiensi energi semaksimal mungkin.

d. Sintesis suatu produk menggunakan bahan baku alami yang ramah lingkungan sebagai pengganti bahan kimia.

e. Penggunaan bahan kimia yang meminimalkan potensi kecelakaan kerja.

Jawaban:

A (Menggunakan bahan kimia secukupnya dan mengolah limbah hasil reaksi kimia).

Alasan memilih jawaban ini adalah:

Prinsip ke-1 dari 12 prinsip kimia hijau adalah mencegah timbulnya limbah. Mencegah limbah lebih baik ketimbang mengolah limbah.

Soal 4

Pembakaran batu bara, minyak dan gas alam, penggundulan hutan, kegiatan pertanian dan industri turut mengubah komposisi atmosfer dan berkontribusi terhadap perubahan iklim. Aktivitas manusia ini telah menyebabkan peningkatan konsentrasi partikel dan gas rumah kaca di atmosfer. Peningkatan konsentrasi gas karbondioksida dan gas metana menaikkan suhu bumi. Adapun baik bertambahnya konsentrasi partikel maupun konsentrasi partikel yang bertebaran di awan justru menurunkan suhu bumi. Gambar berikut menunjukkan kontributor utama penyebab perubahan suhu di atmosfer.

Analisis Gambar tersebut lalu jawablah pertanyaan berikut:

a. Apakah yang menjadi kontributor utama pemanasan global?

Jawaban:

Kontributor utama pemanasan global menurut gambar tersebut adalah gas karbondioksida (CO2).

b. Hal manakah yang masih diduga menurunkan suhu bumi?

Jawaban:

Hal yang masih diduga menurunkan suhu bumi adalah adanya partikel maupun konsentrasi partikel yang bertebaran di awan.

c. Tulislah reaksi kimia setara dari pembakaran sempurna gas metana.

Jawaban:

Persamaan reaksi kimia setara pembakaran sempurna gas metana ditulis sebagai berikut:

1 CH4 (g) + 2 O2 (g) → 1 CO2 (g) + 2 H2O (l)

d. Carilah informasi dari berbagai sumber untuk mengemukakan bahwa partikel-partikel yang tersebar di awan dapat menyebabkan penurunan suhu bumi. Partikel apa sajakah dan apa hubungannya dengan aktivitas manusia? Tulislah sumber informasi yang Kalian rujuk.

Jawaban:

Berdasarkan sumber referensi berikut:

http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/viewFile/2060/1871

Aerosol adalah partikel cair atau padatan yang terdispersi dalam medium pendispersinya yaitu gas. Aerosol dapat memengaruhi perubahan iklim secara global. Keberadaan aerosol di stratosfer disebabkan oleh aktivitas gunung berapi. Letusan gunung berapi akan melepaskan aerosol berupa partikel padatan antara lain senyawa sulfat yang menyebar ke awan sehingga menyebabkan global cooling. Salah satu contohnya adalah meletusnya Gunung Pinatubo di Filipina pada tahun 1991 menyebabkan penurunan suhu bumi hingga 0,7 oC. Selain itu sumber aerosol di lapisan troposfer didominasi oleh aktivitas manusia baik industri maupun transportasi pada penggunaan bahan bakar fosil yang mengandung unsur belerang.

e. Jelaskan prinsip-prinsip kimia hijau yang manakah yang tidak didukung oleh aktivitas manusia yang tertulis pada artikel tersebut?

Jawaban:

Prinsip-prinsip kimia hijau yang tidak didukung oleh aktivitas manusia yang tertulis pada artikel tersebut adalah prinsip nomor 7.

Prinsip kimia hijau nomor 7 antara lain adalah menggunakan bahan bakar yang berasal dari bahan alam (nonfosil) yaitu yang dapat diperbaharui. Pembakaran menggunakan sumber energi nonfosil misalnya minyak diesel dari buah sawit dan alga (ganggang) menghasilkan biodiesel atau bioetanol dari bonggol jagung, kulit singkong, kulit nanas, kulit durian, bahkan limbah cucian beras. Sumber energi yang ramah lingkungan ini sebaiknya digunakan sebagai bahan bakar pada mesin kendaraan atau kegiatan industri sehingga membantu mencegah peningkatan suhu bumi.

f. Kembangkan argumen terhadap kegiatan manusia yang tertulis pada artikel tersebut sehingga mendukung pengurangan emisi gas karbondioksida.

Jawaban:

Argumen terhadap kegiatan manusia yang tertulis pada artikel tersebut sehingga mendukung pengurangan emisi gas karbondioksida antara lain (a) melakukan penanaman dan pelestarian tanaman baik di sekitar rumah, lingkungan rumah, jalan raya, sekolah, perkantoran, pertokoan, dan tempat lainnya. Tanaman akan melakukan fotosintesis sehingga mengurangi emisi gas karbondioksida, dan (b) bersepeda ke sekolah atau ke kantor juga mengurangi emisi gas rumah kaca.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Berikutnya dan Soal Kurikukum Merdeka Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *