Kunci Jawaban Latihan 6.6 dan Uji Kompetensi Halaman 168  Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Latihan 6.6 dan Uji Kompetensi Halaman 168  Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Latihan 6.6

1. Bandingkan fungsi linier dengan fungsi kuadrat.

Apakah untuk setiap detik kenaikan jarak sama untuk kedua fungsi? Jelaskan.

Jawaban:

Berdasarkan data dalam tabel maka untuk fungsi linear jika waktu bertambah satu detik maka jarak bertambah 2 m sedangkan untuk fungsi kuadrat perubahan pertambahan jarak terjadi ketika waktu bertambah satu detik.

2. Tabel di bawah menunjukkan hubungan antara kelajuan mobil dengan efisiensi bahan bakar. Buatlah pendekatan grafik fungsi kuadrat dengan P (x) adalah penghematan bahan bakar dan x adalah kelajuan mobil.

Berapa kelajuan yang menghasilkan penghematan maksimum?

Jawaban:

Fungsi kuadrat F(x) = – 00165x² + 0,251x + 3,9

Penghematan maksimum terjadi pada kelajuan 80 km/jam.

3. Bandingkan fungsi eksponen dengan fungsi kuadrat. Apakah fungsi eksponen mempunyai nilai maksimum atau nilai minimum?

Jawaban:

Fungsi eksponen tidak memiliki nilai minimum dan tidak memiliki nilai maksimum.

Uji Kompetensi

1. Dari grafik berikut, yang manakah yang merupakan grafik fungsi kuadrat?

Jawaban:

Grafik b

2. Gambarkan grafik fungsi y = 2x² – 4x – 16

Jawaban:

a. Tentukan titik potong grafik dengan sumbu x

Jawaban:

Memotong sumbu X di (-2,0) dan (4,0)

b. Tentukan titik potong grafik dengan sumbu y

Jawaban:

Memotong sumbu Y di (0,-16)

c. Tentukan sumbu simetrinya.

Jawaban:

Sumbu simetri x = 1

d. Apakah fungsi ini memiliki nilai maksimum atau minimum? Tentukan nilainya.

Jawaban:

Nilai minimum, yaitu (1,-18)

3. Bola dilemparkan ke atas dari tanah dengan kecepatan tertentu sehingga ketinggian yang dicapai merupakan fungsi dari waktu, h(t)= -5t² + 40t Berapa ketinggian maksimum yang dicapai oleh bola?

Jawaban:

a. Alternatif 1

h(t)= -5t(t – 8)

memotong sumbu X di (0,0) dan (8,0)

Sumbu simetrinya x = 0 + 8/2 = 4

h(4)= -5(4)(4 – 8)= 80

b. Alternatif 2

D= b² – 4ac
= 40²- 4(-5)(0) = 1600

D/-4a = 1600/ (-4(-5))
= 80

4. Pendapatan dari hasil penjualan barang P(q) ditentukan oleh jumlah barang yang diproduksi q. P(q) = -20q² + 3000q . Tentukan pendapatan maksimal atau optimal dan jumlah barang yang bersesuaian dengannya.

Jawaban:

Ketinggian maksimum dapat dihitung

a. Alternatif 1

P(q) = -20q(q – 150)

Memotong sumbu X di (0,0) dan (150,0)

Sumbu simetrinya x = (0 + 150)/ 2 = 75

P(75) = -20(75) (75-150) =112.500

b. Alternatif 2

D/ (-4a) = 9000000/(-4(-20))= 112500

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 166 Eksplorasi 6.9 dan 6.10, Menyelesaikan Masalah dengan Fungsi Kuadrat. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Latihan 6.6 dan Uji Kompetensi Halaman 168  Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 02/20/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait