Kunci Jawaban Latihan 3.3 dan 3.4 Halaman 79 Vektor Berkebalikan Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Latihan 3.3 dan 3.4 Halaman 79 Vektor Berkebalikan Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Latihan 3.3
1. Nyatakan kedua vektor posisi dalam vektor kolom dan vektor baris.
Jawaban:
a = a1 i + a2 j
OP = a i + b j + c k
Ayo Berpikir Kreatif
2. Gambarkan vektor posisi yang diberikan oleh OP = 2i + 2j – 2k danOQ = –i + 2j – k
Petunjuk tentukan sumbu x, y, dan z.
Jawaban:
3. Tentukan vektor satuan dan vektor berkebalikan vektor-vektor dalam soalnomor 2.
Jawaban:
Vektor satuan OP = (2i + 2j – 2k)/√12 = (i + j – k)/√3
Vektor satuan OQ = (- i + 2j – k)/√6
4. a. Nyatakan vektor-vektor di bawah ini sebagai vektor kolom atau vektor baris.
Jawaban:
Latihan 3.4
Ayo Berpikir Kritis
1. Perhatikan gambar dari aplikasi flightradar24 yang menunjukkan 202.157 pesawat terbang di angkasa Bumi pada tanggal 29 Juni. Pesawat berukuran kecil maupun besar, juga pesawat komersial maupun bukan komersial.
Apa peran vektor dan sistem koordinat dalam mengatur lalu lintas penerbangan?
Jawaban:
Peran vektor dan sistem koordinat dalam mengatur lalu lintas penerbangan sangat penting karena memberikan informasi tentang kedudukan pesawat setiap saat berdasarkan pergerakan pesawat.
2. Nyatakan vektor satuan dari vektor perpindahan seseorang yang sedang naik gunung dengan bersepeda.
Tentukan arahnya dalam sistem koordinat.
Jawaban:
Perpindahan OP = 20 i + 8 j
3. Gunakan ubin di rumahmu sebagai sistem koordinat. Tentukan vektor perpindahan jika kalian berjalan dari suatu lokasi benda ke lokasi benda lainnya, misalnya dari lokasi lemari ke lokasi kursi. Ambillah posisi tengah untuk setiap lokasi.
Jawaban:
Siswa menggunakan ubin di rumah sebagai sistem koordinat dan menentukan perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lain dengan menyatakan notasinya.
4. Menurut kalian, apakah vektor kecepatan dapat dinyatakan dalam sistem koordinat?
Jawaban:
Kecepatan tidak dapat dinyatakan sebagai titik dalam sistem koordinat secara langsung karena sistem koordinat mengatur tentang posisi. Vektor satuan tetap dapat digunakan untuk menunjukkan arah vektor kecepatan.
Ayo Berefleksi
1. Apakah kalian dapat menunjukkan komponen-komponen suatu vektor dan menentukan panjangnya?
Jawaban:
Siswa memberikan contoh-contoh vektor, menyatakan komponen-komponennya, dan menghitung panjangnya.
Saran: Lebih baik kalau siswa bertukar soal dengan temannya.
2. Bagaimana menyatakan komponen-komponen dalam vektor kolom dan vektor baris?
Jawaban:
Siswa dapat menggunakan soal nomor 1 untuk menjawabnya.
3. Apa perbedaan vektor posisi, vektor kolom, dan vektor berkebalikan?
Jawaban:
Setiap vektor dapat dinyatakan dalam vektor kolom atau vektor baris. Vektor posisi adalah vektor yang titik pangkalnya merupakan titik O.
Disclaimer:
1. Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat dikembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.
2. Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya
3. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
4. Jawaban pada unggahan kontenjempolan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 79 Latihan 3.3 dan 3.4, Vektor Berkebalikan. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.