Kunci Jawaban Kisah 4 halaman 17 “Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak” Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Kisah 4 halaman 17 “Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak” Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kisah 4

Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak

Sejarah Alat Musik Beduk pada Musik Iringan
Tari Melayu di Kota Pontianak

Sejarah alat musik beduk pada iringan Tari Melayu di Kota Pontianak dapat dilacak sejak tahun 1980-an. Alat musik beduk termasuk jenis alat musik membranophone yang menghasilkan bunyi dengan cara ditabuh. Beduk telah digunakan sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha hingga Islam yang mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Tionghoa dan India. Berdasarkan cerita tentang Cheng Ho, beduk merupakan hadiah Cheng Ho untuk Raja Jawa di Semarang. Akhirnya, seiring waktu beduk digunakan di masjid sebagai penanda waktu salat sebelum azan berkumandang. Beduk juga digunakan sebagai penanda bahaya dan berkumpulnya suatu komunitas. Penggunaan alat musik beduk selanjutnya berkembang di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat. Penggunaan alat musik beduk pada kegiatan kesenian, khususnya Tari Melayu, di Kota Pontianak terjadi sejak tahun 1980 di beberapa sanggar kesenian. Selanjutnya penggunaan beduk semakin pesat pada tahun 1990-an sebagai salah satu musik pengiring tarian Melayu untuk menguatkan aksen dalam gerak tari tertentu.

Referensi: Ariandi, Y., Ismunandar, I., & Silaban, C. (2018). “Sejarah Alat Musik Beduk pada Musik Iringan Tari Melayu di Kota Pontianak”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11).

Dari Kisah 4 tentang alat musik beduk tersebut, analisislah manfaat apa yang dapat kalian dapatkan? Tulislah jawaban kalian di buku atau media lain!

Jawaban:

Manfaat dari kisah 4 Belajar dari Sejarah Alat Musik Beduk Di Kota Pontianak yaitu:

a. Alat Musik beduk sekarang dimanfaatkan untuk menandakan waktu shalat walaupun tidak semua masjid menggunakannya.

b. Beduk juga digunakan sebagai penanda bahaya dan berkumpulnya suatu komunitas.

c. Dimanfaatkan sebagai alat musik beduk pada kegiatan kesenian, khususnya Tari Melayu, di Kota Pontianak terjadi sejak tahun 1980 di beberapa sanggar kesenian.

Baca Juga Kunci Jawaban Studi Kasus 7 (Buah “Emas” yang Diperebutkan Dunia) halaman 46-49 Sejarah SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Demikian beberapa manfaat dalam kisah 4 yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat. Untuk mencari materi Kurikulum Merdeka yang lain dapat diakses di kontenjempolan.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *