Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Aktivitas SK-K7-10-U dan Aktivitas SK-K7-11-U Halaman 101 102 105 dan 106 Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Aktivitas SK-K7-10-U Bermain dengan Bilangan Biner dan Aktivitas SK-K7-11-U Mengirim Pesan Rahasia dan Konversi bilangan Halaman 101 102 105 dan 106 Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Aktivitas SK-K7-10-U Bermain dengan Bilangan Biner dan Aktivitas SK-K7-11-U Mengirim Pesan Rahasia dan Konversi bilangan Halaman 101 102 105 dan 106 Kurikulum Merdeka.

 

Contents

Aktivitas Kelompok

Aktivitas SK-K7-10-U: Bermain dengan Bilangan Biner

Kalian akan belajar bilangan biner dengan bermain kartu. Untuk kegiatan awal, siswa ditunjukkan 5 buah kartu, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Kegiatan ini akan dipandu oleh guru. Bab 4 Sistem Komputer 101 Apa yang Kalian Perlukan? Lima buah kartu berisi titik dengan jumlah tertentu di salah satu sisinya, seperti pada gambar. Sisi yang lain dari kartu dibiarkan kosong.

Lima kartu di atas mewakili digit bilangan biner, ketika kartu nomor biner tidak ditampilkan,

itu diwakili oleh nol. Ketika kartu menunjukkan titik ditampilkan, mewakili satu. Ini adalah sistem bilangan biner. Dengan konsep yang sama dengan bilangan desimal, bilangan biner dapat dijelaskan dengan pangkat 2 sebagai berikut

Apa yang Harus Kalian Selesaikan?

1. Seseorang berulang tahun dengan nyala lilin yang merupakan kode biner untuk umur yang bersangkutan. Berapa umur orang tersebut?
Jawabannya :


2. Buatlah susunan kartu yang merepresentasikan bulan lahir siswa.
Jawabannya :


3. Bagaimana representasi kartu untuk bilangan biner 01011? Berapa nilai bilangan biner tersebut dalam desimal?
Jawabannya :


4. Berapakah angka 17 dalam biner?
Jawabannya :

Aktivitas SK-K7-11-U: Mengirim Pesan Rahasia

Angga terperangkap di lantai atas sebuah toko. Tepat saat malam hari. Apa yang dapat dia lakukan untuk mendapatkan pertolongan? Angga telah mencoba 102 Informatika SMP Kelas VII berteriak, tetapi tidak ada seorang pun di sekitarnya. Di seberang jalan, Angga melihat beberapa orang masih bekerja sampai larut malam. Bagaimana dia bisa menarik perhatian orang-orang tersebut? Angga melihat sekeliling untuk mencari apa yang bisa dia gunakan. Lalu, dia punya ide cemerlang, Angga menggunakan lampu untuk mengirim pesan kepada orang-orang di seberang jalan. Angga menemukan saklarnya sehingga dia dapat menghidupkan dan mematikannya. Angga menggunakan kode biner sederhana, yang dia tahu orang-orang di seberang jalan pasti akan mengerti. Kode yang diciptakan Angga membentuk kata apa?

Kode yang diciptakan Angga membentuk :

Konversi bilangan

1. Konversikan bilangan biner menjadi bilangan desimal dan sebaliknya.

Jawaban Konversikan bilangan biner menjadi bilangan desimal dan sebaliknya

2. Ubahlah pesan berikut menjadi kode biner yang akan dikirim melewati fax/modem. Jika diberikan konversi, kodenya adalah sebagai berikut.

Jawaban pesan berikut menjadi kode biner yang akan dikirim melewati fax/modem. Jika diberikan konversi, kodenya

Baca Juga : Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 106 107 108 109 110 111 Kurikulum Merdeka

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban Informatika Kelas 7 SMP/MTs Aktivitas SK-K7-10-U Bermain dengan Bilangan Biner dan Aktivitas SK-K7-11-U Mengirim Pesan Rahasia dan Konversi bilangan Halaman 101 102 105 dan 106 Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.