Kunci Jawaban halaman 60 Setelah berapa tahun? Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban halaman 60 Setelah berapa tahun? Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 60. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear.
Setelah berapa tahun?
Terdapat banyak stalaktit di berbagai gua di Pacitan. Pada gua-gua stalaktit, terdapat beberapa tempat di mana air menetes dari atap gua dan akibatnya sebuah batu terbentuk seperti es beku. Batu yang terbentuk dari proses ini selama bertahun-tahun dinamakan stalaktit.
1. Ketika kita mengukur panjang dari sebuah stalaktit di gua stalaktit, diketahui panjangnya 5 cm. Jika stalaktit tersebut bertambah panjang 1 cm setiap 30 tahun, setelah berapa tahunkah panjang stalaktit menjadi 15 cm?
Jawaban:
Sebaiknya peserta didik bernalar tentang berapa tahun yang dibutuhkan dari stalaktit yang semula 5 cm menjadi 15 cm,
30 : 1 = x : 10
x = 300
Jawaban: 300 tahun
2. Untuk masalah pada nomor 1 di halaman sebelumnya, Dewi memisalkan panjang stalaktit setelah x tahun adalah y cm, membuat tabel berikut, dan mencari dalam berapa tahun panjang stalaktit menjadi 15 cm. Lengkapi tabel dan carilah dalam berapa tahun stalaktit menjadi 15 cm.
Jawaban:
Berurutan dari kiri tabel, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15
Berdasarkan tabel, setelah 300 tahun
3. Untuk soal pada nomor 2, dapatkah kita menyatakan bahwa y adalah fungsi dari x? Dapatkah kita menyatakan bahwa mereka memiliki hubungan senilai atau berbalik nilai, yang sudah kita pelajari di SMP Kelas VII?
Jawaban:
Ketika nilai x kita tentukan, hanya satu nilai y yang muncul, jadi y bisa kita katakan sebagai fungsi dari x.
Karena nilai pembagian y/x dan perkalian xy tidak konstan, maka tidak dapat kita katakan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai.
Penggunaan 2
Saat mengamati fungsi, peserta didik perlu ingat agar mereka membuat tabel untuk mencari tahu hubungan antara x dan y.
Di sini, peserta didik ingatkan bahwa nilai numerik yang mereka inginkan (belum mereka ketahui) dapat diperoleh dengan membuat tabel dan melengkapinya.
Penggunaan 3
Peserta didik mengulas kembali definisi fungsi yang sudah mereka pelajari di kelas VII. Usahakan peserta didik mengamati dan mengonfirmasikan definisi fungsi “Jika Anda menentukan nilai x, hanya satu nilai y yang sesuai”.
Selain itu, peserta didik mengonfirmasi karakteristik perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai yang mereka pelajari di kelas VII.
Karakteristik perbandingan senilai:
a. Menyatakan dengan persamaan y = ax, dengan a adalah konstanta perbandingan senilai.
b. Ketika nilai x berubah menjadi dua kali, tiga kali, dan seterusnya, maka secara berurutan nilai y juga berubah menjadi dua kali, tiga kali, dan seterusnya.
c. Grafiknya berupa garis yang melewati titik (0, 0).
Karakteristik perbandingan berbalik nilai:
a. Menyatakan sebagai y = a/x , dengan a adalah konstanta perbandingan berbalik nilai.
b. Ketika nilai x berubah menjadi 2 kali, 3 kali, dan seterusnya, maka secara berurutan nilai y menjadi 1/2 kali, 1/3 kali, dan seterusnya
c. Grafiknya adalah kurva ganda.
Jadi, y adalah fungsi dari x, tetapi ingatkan peserta didik bahwa fungsi tersebut berbeda dari fungsi yang telah mereka pelajari sejauh ini.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 halaman 56 Setelah berapa tahun?. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.