Kunci Jawaban halaman 278 Pemanasan Global IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban halaman 278 Pemanasan Global IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Mengapa Terjadi Pemanasan Global?

Pemanasan global adalah peningkatan suhu seluruh atmosfer bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Kalian dapat menjelaskan fenomena ini dengan menggunakan prinsip interrelasi.

Carilah dari berbagai sumber belajar dan jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:

• Mengapa terjadi pemanasan global?

Jawaban:

Pemanasan global yang terjadi saat ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global adalah efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah suatu peristiwa terperangkapnya panas matahari di dalam bumi sehingga suhu bumi lebih panas dibandingkan suhu biasanya. Efek rumah kaca merupakan salah satu dampak yang juga disebabkan karena menipisnya lapisan ozon. Adanya lubang pada lapisan ozon menyebabkan panas berlebih masuk menuju bumi. Setelah panas itu masuk maka akan dipantulkan kembali oleh permukaan bumi. Namun panas tersebut tidak dapat keluar bumi disebabkan karena adanya gas-gas rumah kaca. Gas tersebut antara lain adalah :

a. Uap air

b. Karbon Dioksida

c. Metana

d. Nitrogen Oksida

e. Klorofluorokarbon (CFC)

• Bagaimana dampak pemanasan global di daerah kalian?

Jawaban:

Pemanasan global bukan sebuah peristiwa yang biasa. Akan tetapi sebaliknya, fenomena ini sangat memungkinkan menjadi sebuah fenomena yang menjadi awal kerusakan bumi ini, apabila tidak segera kita benahi. Untuk itu, kita sebagai manusia harus tau dampak yang akan kita rasakan jika fenomena ini terus menerus terjadi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Perubahan Iklim yang ekstrim

b. Meningkatnya permukaan air laut

c. Dampak terhadap manusia

Beberapa dampak pemanasan global bagi kesehatan manusia :

1) Perubahan iklim akan menyebabkan udara menjadi lebih hangat, yang akan berakibat meningkatnya berbagai penyakit seperti alergi dan penyakit pernafasan

2) Mudahnya seseorang terserang berbagai penyakit seperti DBM, malaria dan lain sebagainya

3) Penyakit infeksi yang awalnya hanya menimpa hewan, kemungkinan besar juga akan menimpa manusia

4) Banyaknya korban yang berjatuhan akibat penyakit yang dipicu oleh cuaca yang panas. Seperti Stress, serangan jantung, dehidrasi, stroke dan penyakit ginjal.

• Apabila pemanasan global terus terjadi dalam jangka waktu ke depan, bagaimana dengan masa depan kehidupan di bumi?

Jawaban:

Pemanasan global yang terjadi dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan bumi mengalami kerusakan.

• Bagaimana langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengurangi pemanasan global?

Jawaban:

Langkah-langkah yang dapat untuk mengurangi pemanasan global:

1. Gunakan Transportasi Umum & Sepeda

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang paling pertama adalah Batasi penggunaan mobil dan sepeda motor hanya untuk menempuh jarak jauh, untuk jarak dekat kamu bisa memulai kebiasaan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Hal ini akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer.

2. Minimalkan Penggunaan Peralatan Yang Mengandung CFC

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang mudah adalah CFC (Cloro Four Carbon) merupakan senyawa-senyawa yang mengandung atom karbon dengan klorin dan fluorin terikat padanya. CFC umumnya dihasilkan oleh peralatan pendingin udara, perlu diketahui bahwa saat ini CFC menyumbangkan 20% dalam proses terjadinya efek rumah kaca.

3. Matikan Perangkat Elektronik Saat Tidak Terpakai

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang ketiga adalah dengan Matikan lampu, kipas, AC, komputer, TV, dan semua alat elektronik saat tidak digunakan.

4. Reuse

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang kelima adalah dengan Gunakan keramik atau gelas cangkir kopi bukan cangkir sekali pakai seperti yang terbuat dari plastic dan Styrofoam. Gunakan kembali kantong plastik dan wadah penyimpan barang lainnya.

5. Reduce

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang keenam adalah Hemat penggunaan kertas dan tissue karena terbuat dari kayu yang harus ditebang dari pohon di hutan, sedangkan hutan dibutuhkan untuk menetralisir emisi CO2 di udara.

6. Recycle

Cara Mengatasi Pemanasan Global yang ketujuh adalah dengan Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Gunakan tas daur ulang untuk menyelamatkan lingkungan.

 

Untuk mendapatkan pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Pelajaran Lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *