Kunci Jawaban Eksplorasi Matematika halaman 203 Tsurukame-Zan (Masalah Bangau dan Kura-Kura) Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi Matematika halaman 203 Tsurukame-Zan (Masalah Bangau dan Kura-Kura) Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 203. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Matematika Lanjut.

Eksplorasi Matematika

Tsurukame-Zan (Masalah Bangau dan Kura-Kura)

Di Jepang, ada masalah matematika terkenal yang dinamakan “Tsurukame-zan (Masalah Bangau dan Kura-Kura)” di akhir Sekolah Dasar dan permulaan Sekolah Menengah Pertama. Masalah ini diperkenalkan dalam buku matematika China Kuno yang muncul di buku teks matematika Jepang pada zaman Edo. Dalam “Sunzi Suanjing”, buku negeri Tiongkok (sekitar abad 3 dan 5), permasalahannya adalah sebagai berikut.

Terjemahan

Sejumlah burung pegar dan kelinci berada dalam satu kandang. Bila dalam kandang tersebut ada 35 kepala dan 94 kaki, berapa banyak burung pegar dan kelinci yang ada dalam kandang tersebut?

Untuk masalah ini, metode penyelesaian dalam buku diinterpretasi seperti berikut.

(I) Bila kita lipat gandakan banyaknya kepala, yaitu 35, maka akan menjadi 70.

(II) Bila banyaknya kaki 94 dikurangi 70, maka akan diperoleh 24.

(III) 24 dibagi 2 menghasilkan 12, yaitu menyatakan banyaknya kelinci.

1. Bila banyaknya burung pegar nyatakan dengan x dan banyaknya kelinci nyatakan dengan y, maka buatlah sistem persamaan dan selesaikan!

Jawaban:

x + y = 35
2x + 4y = 94

Apabila menyelesaikan,

x = 23
y = 12

Sebanyak 23 burung pegar dan 12 kelinci cocok menjawab pertanyaan ini. Angka pertama dari angka yang kita peroleh dengan mengalikan angka di baris kedua dengan 7, adalah angka di baris ke-17.

Jawaban: 23 ekor burung pegar, 12 ekor kelinci.

Penjelasan dan Hal yang Perlu Kita perhatikan

1. Aritmetika Tsurukame

Aritmetika Tsurukame digunakan sebagai materi ajar untuk menemukan aturan tentang prinsip perubahan aritmetika, dan terkenal sebagai soal yang mengembangkan kemampuan berpikir. Bagi peserta didik yang telah selesai mempelajari persamaan simultan, memecahkan soal aritmetika Tsurukame menggunakan persamaan simultan, sudah jelas jauh lebih mudah daripada memahami penyelesaiannya di buku matematika lama.

Penjelasannya adalah, pertama-tama, temukan jumlah kaki yang telah mendarat di tanah dengan membuat adegan “membuat burung pegar dan kelinci berdiri dengan dua kaki” (a).

Selanjutnya, cari jumlah kaki kelinci yang tidak ada di tanah (b), dan cari jumlah kelinci karena “ada kelinci yang dua kakinya tidak ada di tanah” (c).

Perlu kita perhatikan bahwa perhitungan numerik a sampai c muncul dalam proses penyelesaian persamaan simultan.

x + y = 35 ①

2x + 4y = 94 ②

① × 2 2x + 2y = 70 ③ ← (a)

② – ③ 2y = 24 ④ ← (b)

④ : 2 y = 12 ← (c)

y = 12 masukkan ke dalam ①

x + 12 = 35
x = 23

Jadi, x = 23, dan y = 12

Situasi masalah burung pegar dan kelinci menggantinya dengan masalah bangau dan kura-kura (Tsurukame-zan) setelah membawanya ke negeri Jepang. Salah satu alasan pengubahan situasi ini adalah bahwa kura-kura dan bangau menggambarkan keberuntungan untuk panjang umur di Jepang: Peribahasa menyatakan bahwa “kura-kura hidup 10 ribu tahun dan bangau hidupseribu tahun”. (Dalam peribahasa China: kura-kura hidup tiga ribu tahun). Selain itu, jika kura-kura menggerakkan kedua kaki depannya, maka kura-kura dapat dipandang sebagai bangau yang bertumpu pada kaki belakangnya.

 

Disclaimer:

Kunci Jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Eksplorasi Matematika halaman 203 Tsurukame-Zan (Masalah Bangau dan Kura-Kura). Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait