Kunci Jawaban Eksplorasi 8.1 Halaman 218 Distribusi Peluang Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi 8.1 Halaman 218 Distribusi Peluang Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Eksplorasi 8.1

Ayo Bereksplorasi

Misalnya kalian melempar dua buah dadu yang memiliki warna berbeda, satu merah dan satu putih.

1. Ayo salin dan lengkapi Tabel 8.1 untuk menunjukkan semua kemungkinan hasil melemparkan sekali kedua dadu tersebut.

Tabel 8.1 Ruang Sampel untuk Kejadian Melempar Dadu Merah dan Dadu Putih

Jawaban:

Ayo Berdiskusi

Apa arti 3, 2? Apakah berbeda dengan 2, 3? Mengapa?

Jawaban:

3, 2 di sini artinya angka 3 pada dadu warna merah dan angka 2 pada dadu warna putih, dan berbeda dengan 2, 3 yaitu angka 2 pada dadu merah dan angka 3 pada dadu putih. Karena warna kedua dadu berbeda, maka urutan menjadi penting.

2. Apakah semua hasil sama kemungkinannya?

Jawaban:

Jika dilihat dari tabel, setiap kotak atau hasil berbeda satu sama lain. Misalnya, hanya ada satu cara mendapatkan 5, 4, yaitu dadu merah 5 dan dadu putih 4. Demikian juga untuk setiap kotak, hanya ada satu cara mendapatkan, sehingga peluangnya 1/36.

Ayo Berpikir Kritis

Jika kedua dadu memiliki warna yang sama, apakah hasil kemungkinan tetap sama? Jelaskan.

Jawaban:

Jika kedua dadu warna sama dan tidak dibedakan mana dadu pertama dan mana dadu kedua, maka urutan tidak menjadi penting dan hasil, misalnya 4, 5 dan 5, 4 dianggap sama. Bagian yang diarsir pada tabel berikut ini tidak lagi diperlukan, dan untuk setiap hasil (kecuali yang angkanya sama) terdapat 2 cara.

3. Apakah peluang mendapatkan angka yang sama pada kedua dadu adalah sama besarnya?

Jawaban:

Peluang mendapatkan angka yang sama pada kedua dadu sebenarnya sama besarnya dengan peluang angka yang lain.

Miskonsepsi umum adalah mendapatkan angka yang sama lebih sulit dibandingkan angka yang lain. Seperti yang dapat kita lihat di tabel, peluang mendapat 1, 1 adalah 1/36 , sama seperti peluang mendapatkan yang angkanya tidak sama, misalnya 3, 5, juga adalah 1/36.

4. Berapa peluang mendapatkan setidaknya satu dadu yang menunjukkan angka 5?

Jawaban:

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita melihat tabel dan menghitung semua yang ada setidaknya satu angka 5, yaitu ada 11 seperti yang terlihat di tabel berikut, maka peluangnya adalah 11/36.

5. Mana yang lebih memungkinkan, mendapatkan setidaknya satu angka 4 atau mendapatkan dua angka yang sama? Jelaskan.

Jawaban:

Peluang mendapatkan setidaknya satu angka 4 adalah 11/36 dan peluang mendapatkan dua angka yang sama adalah 6/36 . Oleh karena itu, peluang mendapatkan angka 4 lebih besar daripada peluang mendapatkan angka yang sama.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 218 Eksplorasi 8.1, Distribusi Peluang. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Eksplorasi 8.1 Halaman 218 Distribusi Peluang Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 02/22/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait