Kunci Jawaban Eksplorasi 7.3 Halaman 187 Line Plot Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi 7.3 Halaman 187 Line Plot Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Eksplorasi 7.3
Ayo Bereksplorasi
Basket merupakan olahraga yang digandrungi banyak siswa SMA/MA, khususnya pria. Untuk dapat bermain basket, kalian perlu menggunakan sepatu olahraga. Berikut adalah data penjualan sepatu olahraga di toko A yang terdiri dari beberapa merek dan ukuran pada akhir pekan pertama bulan Januari.
Tabel 7.4 Data Penjualan Sepatu di Toko A
a. Buatlah diagram line plot untuk menunjukkan ukuran sepatu yang terjual pada akhir pekan pertama bulan Januari. Diagram line plot adalah sebuah garis bilangan dengan banyaknya tanda X yang menunjukkan banyaknya data yang muncul dengan nilai tertentu. Sebagai contoh, 45 muncul tiga kali. Jadi, kalian tuliskan tanda X di atas angka 45.
Gambar 7.9 Line Plot Ukuran Sepatu
Jawaban:
b. Jelaskan bentuk dari line plot yang kamu hasilkan. Bagaimana bentuk line plot ini bisa menjelaskan distribusi data ukuran sepatu di atas? Ketika kalian mendeskripsikan sebuah kumpulan data, biasanya kalian juga perlu menentukan data terkecil dan data terbesar dari kumpulan data tersebut.
Jawaban:
Dari line plot, terlihat bahwa mayoritas pemain basket di SMA memiliki ukuran sepatu nomor 42 sampai 44. Ukuran lainnya, tetap ada, hanya saja tidak dominan. Hal ini cukup masuk akal melihat usia siswa SMA dan tinggi siswa pemain basket yang cenderung tinggi.
c. Tentukanlah data terkecil dan data terbesar dari kumpulan data ukuran sepatu yang terjual.
Jawaban:
Data terkecil = 38, data terbesar = 45.
d. Bagaimana kalian dapat menemukan data terkecil dan data terbesar dengan melihat diagram line plot?
Jawaban:
Pada line plot, data terkecil dilihat dari tanda X yang berada di paling kiri, data terbesar terletak di line plot yang paling kanan.
e. Tentukanlah jangkauan dari data ukuran sepatu pada Tabel 7.4.
Jawaban:
Jangkauan = 45 – 38 = 7.
f. Tentukanlah modus dari data ukuran sepatu pada Tabel 7.4.
Jawaban:
Modus = 43, karena muncul terbanyak yaitu sebanyak 6 kali.
g. Bagaimana kalian bisa menentukan modus sekumpulan data dari diagram line plot?
Jawaban:
Dari line plot, modus ditemukan yang memiliki tanda X paling tinggi.
h. Urutkanlah data ukuran sepatu di atas dari yang terkecil sampai yang terbesar, lalu tentukanlah mediannya.
Jawaban:
Banyak data = 25, median terletak di data ke-13, agar di sebelah kiri median ada 12 data dan di sebelah kanan median ada 12 data. Urutkan data dari kecil ke besar, lalu carilah data yang terletak di urutan ke-13, yaitu median = 43.
i. Bagaimana kalian dapat menentukan median dari sekumpulan data dengan melihat diagram line plot?
Jawaban:
Karena kita sudah mengetahui bahwa median terletak di data ke-13, maka pada line plot, hitunglah dari kiri ke kanan, bawah ke atas, tanda X yang berada di urutan ke-13 adalah median. Median = 43.
Ayo Berdiskusi
Jika terjadi penambahan data baru, bagaimana modus, median, dan jangkauan akan terpengaruh?
j. Ternyata ada data penjualan di toko sepatu A yang tertinggal. Data-data tersebut adalah 41, 43, 44, 44, dan 46. Berapakah nilai dari jangkauannya sekarang? Berapakah modusnya sekarang?
Jawaban:
Setelah ada penambahan data 41, 43, 44, 44, dan 46, line plot berubah menjadi
Jangkauan sekarang = 46 – 38 = 8
Modus sekarang = 43 dan 44, artinya kelompok data yang baru memiliki 2 modus atau bimodal.
Ayo Berdiskusi
Bagaimana perbedaan mencari median pada kelompok dengan banyaknya data ganjil dan genap?
k. Ketika banyaknya data adalah bilangan genap, maka tidak ada data yang diambil sebagai median tunggal. Dalam hal ini, median diambil dari nilai tengah di antara dua nilai data yang berada di tengah. Carilah median dari kumpulan data yang baru.
Jawaban:
Sebelum mencari median yang baru, diskusikan bersama siswa jika sebelumnya banyaknya data 25 buah yaitu bilangan ganjil, bagaimana dengan banyak data yang baru yaitu 30 buah?
Median terletak di antara data ke-15 dan data ke-16.
Data ke-15 = 43, data ke-16 = 43. Median = 43
Dari diskusi dan eksplorasi di atas, cobalah meminta siswa untuk:
i. Membandingkan median dan modus data lama dengan median dan modus data yang baru. Walaupun terdapat data baru yang nilainya berbeda jauh, yaitu 46 (disebut dengan isitilah pencilan), namun modus dan median tidak terpengaruh.
ii. Melakukan generalisasi urutan median jika banyaknya data ganjil dan banyaknya data genap sampai kelas menemukan generalisasi sebagai berikut:
Selanjutnya untuk mencari letak median, bagilah banyaknya data dengan 2.
a. Jika hasilnya adalah bilangan bulat, m, maka median terletak di tengah-tengah di antara urutan ke-m dan ke-(m + 1).
b. Jika hasil baginya bukan merupakan bilangan bulat, bulatkanlah hasilnya ke atas, maka median terletak di urutan sesuai hasil pembulatan.
Lalu, kegiatan kelas dapat dilanjutkan dengan melakukan Eksplorasi 7.4: Mean.
Disclaimer:
Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 187 Eksplorasi 7.3, Line Plot. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.