Kunci Jawaban Eksplorasi 6.8 Halaman 163 Mengonstruksi Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi 6.8 Halaman 163 Mengonstruksi Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Eksplorasi 6.8.

Ayo Bereksplorasi

1. Memfaktorkan bentuk fungsi f(x)= ax² + bx + c

a. Tentukan fungsi yang dapat dituliskan dalam bentuk y = a(x – p) (x – q)

1) Tentukan nilai p dan q

2) Tentukan titik potong grafik dengan sumbu x

3) Tentukan nilai D = b² – 4ac

4) Tentukan akar-akar persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0

b. Tentukan fungsi yang dapat dituliskan dalam bentuk y = a(x – r)²

1) Tentukan nilai r

2) Bagaimana letak grafik dengan sumbu x? Berapa koordinatnya?

3) Tentukan nilai D = b² – 4ac

4) Tentukan akar-akar persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0

c. Tentukan fungsi yang tidak melalui sumbu x.

1) Tentukan nilai D = b² – 4ac

2) Tentukan akar-akar persamaan kuadrat ax² + bx + c = 0

d. Bagaimana nilai D = b² – 4ac menentukan banyaknya perpotongan grafik fungsi dengan sumbu x?

Jawaban:


2. Sumbu simetri adalah garis yang melalui titik puncak. Untuk setiap grafik fungsi yang ada:

a. Tentukan sumbu simetrinya

jawaban:

b. Tentukan kaitan nilai p, q, r pada no. 1 dengan sumbu simetri

Jawaban:

Sumbu simetri

c. Tentukan nilai

Jawaban:

 nilainya sama dengan sumbu simetri

d. Tuliskan dua cara menentukan sumbu simetri.

Jawaban:

Sumbu simetri dapat ditentukan berdasarkan titik potong grafik dengan sumbu -x dan dapat juga dengan memanfaatkan koefisien fungsi kuadrat.

3. Titik puncak adalah koordinat titik maksimum atau titik minimum. Untuk setiap grafik fungsi yang ada:

a. Tentukan koordinat titik puncaknya

Jawaban:

Titik puncak

b. Tentukan hubungan nilai absis titik puncak dengan sumbu simetri

Jawaban:

Absis titik puncak = sumbu simetri

Substitusi nilai x = sumbu simetri pada ax² + bx + c = 0 menghasilkan ordinat titik puncak

c. Substitusi nilai sumbu simetri pada fungsi ax² + bx + c = 0. Nilai ini sama dengan apa?

jawaban:

D/-4a adalah ordinat titik puncak y = D/-4a

d. Hitung nilai . Nilai ini sama dengan apa?

Jawaban:

Koordinat titik puncak (h,k) =

e. Ubah bentuk ax² + bx + c = 0 menjadi bentuk f(x) = a(x – h)² + k. Nilai (h.k} menunjukkan apa?

Jawaban:

h = dan k = D/-4a

nilai (h,k) =  adalah koordinat titik puncak.

f. Tuliskan berbagai cara menentukan koordinat titik puncak grafik fungsi kuadrat.

Dari eksplorasi kalian melihat ada beberapa bentuk untuk menuliskan fungsi kuadrat.

1. Bentuk standar y = ax² + bx + c = 0

2. Titik potong dengan sumbu x pada (p,0) dan (q,0) , yaitu y = f(x) = a(x – p) (x – q)

3. Bentuk dengan titik puncak (h,k) yaitu y = f(x) = a(x – h)² + k

Jawaban:

Ada berbagai cara untuk menentukan koordinat titik puncak grafik fungsi kuadrat:

i. Untuk fungsi kuadrat yang berbentuk y = ax² + bx + c = 0, koordinat titik puncaknya adalah

ii. Untuk fungsi kuadrat yang berbentuk y = a(x – h)² + kkoordinat titik puncaknya adalah (h,k)

iii. Untuk fungsi kuadrat yang berbentuk y = a(x – p) (x – q) absis titik puncaknya didapat dengan x = p + q /2 dan ordinat dengan substitusi nilai absis pada fungsi.

iv. Untuk fungsi kuadrat yang berbentuk y = a(x – r)² absis titik puncaknya didapat dengan x = r dan ordinat dengan substitusi nilai absis pada fungsi.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 163 Eksplorasi 6.8, Mengonstruksi Fungsi Kuadrat. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kunci Jawaban Eksplorasi 6.8 Halaman 163 Mengonstruksi Fungsi Kuadrat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka yang dipublish pada 02/20/2023 di website Konten Jempolan

Artikel Terkait