Kunci Jawaban Eksplorasi 3.2 Halaman 73 Menggambar Vektor pada Sistem Koordinat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi 3.2 Halaman 73 Menggambar Vektor pada Sistem Koordinat Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Eksplorasi 3.2 Menggambar Vektor pada Sistem Koordinat

Ayo Bereksplorasi

Untuk menyelesaikan eksplorasi di bawah ini kalian memerlukan kertas berpetak.

1. Mula-mula lalat berada di titik asal O dan merayap ke titik P(3, 4). Lalat bergerak lagi menuju titik Q(–2, –8) hingga berhenti di titik R(2, –5). Tentukan titik O terlebih dahulu. Gambarkan vektor perjalanan lalat dalam sistem koordinat Kartesius. Gunakan penggaris dan busur untuk menentukan panjang dan sudut.

Jawaban:

Tunjukkan bahwa dua titik diperlukan untuk membuat satu vektor. Vektor OP dapat dinyatakan dalam (3 4). Ingatkan, bahwa tidak ada tanda koma dalam penulisan karena penulisan menunjukkan vektor baris. Jelaskan bahwa selain vektor baris ada juga penulisan dalam vektor kolom. Kedua hal ini akan dibahas lebih detil.

Bangkitkan rasa ingin tahu dengan bertanya, bagaimana penulisan vektor baris dari PQ dan QR.

2. Lalat mula-mula berada pada titik (2, 3) kemudian bergerak 1 petak ke barat lanjut dengan 1 petak ke selatan.

a. Tentukan titik asal terlebih dahulu, kemudian gambarkan vektornya. Tentukan panjang dan arah vektor.

b. Pilih titik asal terlebih dahulu, kemudian gambarkan vektornya. Tentukan panjang dan arah vektor.

Jawaban:

Ayo Berdiskusi dan Berpikir Kreatif

1. Apa perbedaan vektor dengan koordinat suatu titik?

Jawaban:

Vektor berbeda dengan titik koordinat. Vektor memerlukan dua titik koordinat.

2. Apakah pemilihan titik asal pada sistem koordinat memengaruhi besar dan arah vektor?

Jawaban:

Pemilihan titik asal pada sistem koordinat tidak memengaruhi besar dan arah vektor karena vektor ditentukan oleh dua titik. Jika titik pangkal berubah, maka titik ujung juga berubah.

Pada penjelasan konsep dan contoh-contoh dijelaskan perbedaan sistem koordinat Kartesius berdimensi dua dengan berdimensi tiga dan konsep-konsep lainnya. Contoh gerak benda yang memerlukan sistem koordinat Kartesius dua dimensi dan tiga dimensi. Contoh, gerak mobil di jalan raya untuk sistem koordinat Kartesius dua dimensi. Buat diskusi bagaimana teknologi digunakan dalam aplikasi untuk menentukan lokasi berdasarkan sistem koordinat Kartesius.

Gerak pesawat terbang dapat merujuk pada sistem koordinat Kartesius dua dimensi dan tiga dimensi. Ketika pesawat terbang berada di landasan pacu menggunakan sistem koordinat Kartesius dua dimensi. Begitu pesawat mengudara, yang digunakan adalah sistem koordinat Kartesius tiga dimensi.

 

Disclaimer:

1. Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat mengembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.

2. Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya

3. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

4. Jawaban pada unggahan kontenjempolan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

 

Demikian pembahasan Matematika Kelas 10 SMA/SMK halaman 73 Eksplorasi 3.2, Menggambar Vektor pada Sistem Koordinat. Selanjutnya, untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait