Kunci Jawaban Eksplorasi 1.3 Halaman Kunci Jawaban Eksplorasi 1.3 Halaman 9 Sifat-sifat Eksponen Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka9 Sifat-sifat Eksponen Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Eksplorasi 1.3 Halaman 9 Sifat-sifat Eksponen Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Eksplorasi 1.3 Sifat-sifat Eksponen

Ayo Bereksplorasi

Seseorang membawa virus dan menulari 3 orang lainnya. Pada fase selanjutnya, setiap orang menulari 3 orang lainnya lagi.

1. Berapakah orang yang akan tertular pada setiap fase selanjutnya?

Jawaban:

Untuk menentukan banyaknya orang yang tertular pada fase selanjutnya, ajak siswa untuk mendata banyak orang yang tertular pada setiap fase, salah satunya dengan bantuan tabel.

Siswa boleh menggunakan cara yang lainnya juga, misalnya dengan mendata tanpa membuat tabel.

Dari data tersebut tampak bahwa banyak orang yang tertular virus pada setiap fasenya membentuk sebuah pola. Misalkan N adalah banyaknya orang yang tertular virus pada setiap fasenya, karena N = 3 pangkat n .

Siswa cukup menentukan banyak orang yang tertular pada beberapa fase saja dan melihat apa ada hubungan atau pola yang muncul.

2. Berapa orang yang akan tertular virus tersebut pada fase ke-20?

Jawaban:

Banyaknya orang yang tertular pada fase ke-20 adalah N= 3 pangkat 20 = 3.486.784.401.

Siswa bisa mencari hasil penghitungan tersebut dengan menggunakan kalkulator

3. Manakah dari grafik fungsi berikut ini yang merepresentasikan peningkatan jumlah orang yang tertular virus tersebut jika proses penularan terjadi terus-menerus? Mengapa demikian?

Jawaban:

Dari grafik tersebut diperoleh bahwa yang merepresentasikan peningkatan jumlah orang yang tertular virus tersebut jika proses penularan terjadi terus-menerus adalah grafik nomor III. Jika diperhatikan peningkatan kasus pada setiap fasenya (tabel pada bagian a), peningkatan jumlah orang yang tertular virus tersebut cukup signifikan pertambahannya sehingga grafik III paling tepat menggambarkan kondisi tersebut.

4. Fungsi apakah yang tepat menggambarkan penularan tersebut?

Jawaban:

Fungsi yang tepat menggambarkan penularan virus tersebut adalah fungsi eksponen. Ini yang akan dipelajari oleh siswa pada bagian ini.

 

 

Disclaimer:

1. Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat dikembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.

2. Jawaban pada unggahan kontenjempolan mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

 

Demikian pembahasan Matematikal Kelas 10 SMA/SMK  halaman 9 Eksplorasi 1.3, Sifat-sifat Eksponen. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait