Kunci Jawaban Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 116. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Menyelidiki Sifat-Sifat Bangun Geometri.

Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri

Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen

Q. Pada gambar berikut, carilah segitiga-segitiga yang kongruen dengan ∆ABC. Potonglah gambar ∆ABC pada bagian akhir buku 3 , dan selidikilah sifat-sifatnya.

Jawaban:

ΔDEF, ΔJKL

Ulasan

Bangun-bangun geometris yang dibalik dan tepat satu sama lain, maka keduanya merupakan bangunbangun yang kongruen.

Soal 1

Tentukan titik-titik yang bersesuaian, sisi-sisi bersesuaian, dan sudut-sudut bersesuaiannya dari ∆ABC dan ∆DEF di Q.

Jawaban:

Titik bersesuaian

Titik A dan D, titik B dan titik E, Titik C dan titik F

Sisi bersesuaian

Sisi AB dan sisi DE, sisi BC dan sisi EF, Sisi CA dan sisi FD

Sudut bersesuaian

∠A dan ∠D, ∠B dan ∠E, ∠C dan ∠F

Ulasan

Ketika bangun-bangun geometri tepat sama satu sama lain, maka titik, sisi, dan sudut yang saling tepat sama dinamakan titik-titik, sisi-sisi, dan sudut-sudut bersesuaian.

Simbol ≅, seperti pada ∆ABC ≅ ∆DEF, digunakan untuk menyatakan kekongruenan antara ∆ABC dan ∆DEF. Notasi tersebut dibaca ‘segitiga ABC kongruen dengan segitiga DEF’.

Catatan

Ketika kita menggunakan simbol ≅ untuk kekongruenan, maka kita susun urutan huruf dari titik-titik yang saling bersesuaian.

Soal 2

Pada gambar berikut, jika segi empat ABCD ≅ segi empat EFGH, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

(1) Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.

Jawaban:

a. Sisi AB dan sisi EF

b. Sisi BC dan sisi FG

c. Sisi CD dan sisi GH

d. Sisi DA dan sisi HE

(2) Tentukan sudut-sudut yang bersesuaian.

Jawaban:

∠A bersesuaian ∠E, ∠B bersesuaian ∠F,

∠C bersesuaian ∠G, ∠D bersesuaian ∠H

(3) Bandingkanlah panjang ruas garis BD dan ruas garis FH.

Jawaban:

BD = FH

(4) Bandingkan besar ∠ABD dan ∠EFH.

Jawaban:

∠ABD = ∠EFH

Pada gambar di Soal 2, karena segi empat ABCD ≅ segi empat EFGH, maka terkait sisi dan sudut bersesuaian, kita peroleh

AB = EF, BC = FG, CD = GH, DA = HE

∠A = ∠E, ∠B = ∠F, ∠C = ∠G, ∠D = ∠H.

Secara umum, berikut merupakan sifat-sifat bangun geometri yang kongruen.

Sifat-Sifat Bangun yang Kongruen

1. Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.

2. Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Soal 3

Pada gambar berikut, segi lima ABCDE ≅ segi lima FGHIJ. Carilah panjang sisi-sisi dan sudut-sudut yang kamu lihat, dan kemudian nyatakanlah pada gambar.

Jawaban:

Salah satu gambar harus dibalik dan ditumpuk, maka sulit untuk memahami hubungan korespondensi hanya dengan di pikiran atau awangan. Jika fokus pada “Pentagon ABCDE ≅ Pentagon FGHIJ” maka dapat memahami hubungan korespondensi antara simpul A dan F, simpul B dan simpul G, dan seterusnya, sehingga peserta didik dapat menemukan sisi bersesuaian dan sudut bersesuaian.

 

Disclaimer:

Kunci jawaban pada unggahan kontenjempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Bangun-Bangun Geometri yang Kongruen halaman 116 Kekongruenan Bangun-Bangun Geometri. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.

Artikel Terkait