Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 4 SD/MI Halaman 46 Kurikulum Merdeka Belajar Tentang Kalimat Majemuk

kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 4 SD/MI Halaman 46 Kurikulum Merdeka Belajar.Hai Adik-adik! Kali ini kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Bahasa Indonesia kelas 4 SD/MI Halaman 46 Kurikulum Merdeka belajar tentang kalimat Majemuk.

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa atau lebih. Pada bab ini, kalimat majemuk yang dibahas adalah kalimat majemuk setara. Klausa-klausa yang menyusun kalimat majemuk dihubungkan dengan kata penghubung atau yang disebut juga konjungsi. Berdasarkan konjungsi yang digunakan, kalimat majemuk setara dapat dibagi menjadi 5 kelompok.

Jenis Kalimat Majemuk Setara

BAHAS BAHASA

Kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut kalimat majemuk. Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau lebih. Untuk menyambungkan antarkalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata hubung atau konjungsi.

Pada contoh-contoh di atas, kedua kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini disebut kalimat majemuk setara.

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebabakibat), dan lain-lain.

LATIHAN SOAL

Di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa kalian jadikan bahan latihan. Gabungkanlah dua kalimat berikut ini menjadi satu kalimat majemuk menggunakan konjungsi yang tepat. Tuliskan di buku kalian, ya!

Siwi mematikan lampu + Kak Lita mencabut steker.
Alternatif Jawaban:

Siwi mematikan lampu dan Kak Lita mencabut steker.

Abdul selesai menonton televisi + Abdul lupa mematikan televisi.
Alternatif Jawaban:

Abdul selesai menonton televisi tetapi Abdul lupa mematikan televisi.

Kak Lita membuka jendela lebar-lebar + Udara segar memasuki kamar.
Alternatif Jawaban:

Kak Lita membuka jendela lebar-lebar supaya udara segar memasuki kamar.

 

Adik-adik, itulah contoh kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 4 SD MI halaman 46  menegnai kalimat majemuk dengan menggunakan materi pelajaran Kurikulum Merdeka. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.