Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 61 Kurikulum Merdeka Belajar tentang Kendaraan

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 61 Kurikulum Merdeka Belajar tentang Kendaraan. Hai Adik-adik! Kali ini kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 61 Kurikulum Merdeka Belajar tentang Kendaraan.

 

MEMBACA

Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup.

Menariknya, orang-orang juga mengendarai hewan secara langsung, tidak duduk di atas kereta atau gerobak yang ditarik hewan.

Berdasarkan tempat pemakaiannya, ada kendaraan yang digunakan di daratan, di perairan, dan di udara. Kendaraan darat misalnya sepeda, mobil, truk, kereta api, atau hewan seperti kuda dan unta.

Di sebagian daerah yang memiliki banyak sungai, bepergian lewat air terkadang lebih disukai. Alat transportasi di sungai antara lain sampan, perahu cepat, atau kapal. Kapal yang berukuran besar bahkan bisa mengarungi lautan.

Ada jenis kendaraan yang mampu melintas di udara. Ada helikopter dan pesawat terbang, kecil ataupun besar. Ada pula kendaraan yang sampai ke luar angkasa, disebut pesawat luar angkasa.

DISKUSI

Mendiskusikan Bacaan

Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!

a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
Jawaban:

Alat transportasi di sungai yaitu rakit atau getek, sampan, perahu dan jukung.

Terdapat satu alat transportasi yang sama yaitu perahu. Perahu di sungai gunanya untuk memancing, menyeberang sungai. Sedangkan perahu di laut gunanya untuk berlayar di area yang dekat pantai.

Alat transportasi di laut yaitu kapal feri, kapal penumpang, kapal barang, kapal penangkap ikan, kapal tanker, dan perahu.

b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
Jawaban:

Dokar merupakan kendaraan tradisional beroda 2 yang ditarik kuda, pengemudi dokar disebut kusir yang menggunakan atau memakai pakaian tradisional.

c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
Jawaban:

Sampan, yaitu perahu yang sederhana.

d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?
Jawaban:

Menurut saya kendaraan ada begitu banyak jenisnya karena tiap kendaraan memiliki bentuk dan fungsi yeng berbeda baik itu transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasi udara ditambah lagi keadan geografis setiap daerah berbeda pasti lah mempengaruhi kendaraan yg di gunakan.

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Halaman 61 Kurikulum Merdeka Belajar tentang Kendaraan. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *