Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Dikenal karena Menari Kurikulum Merdeka

Kontenjempolan.id – Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Dikenal karena Menari Kurikulum Merdeka. Hai Adik-adik! Kali ini Kontenjempolan.id akan membahas Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Dikenal karena Menari.

Membaca

Dikenal karena Menari

Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khususnya tarian. Taritarian itu menjadi ciri khas suatu daerah. Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya. Desa pertama adalah Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang. Tarian yang dilakukan setiap tahun ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Desa kedua adalah Desa Cempaga di Bali dengan tari baris. Tari ini dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya. Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor. Sementara tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Selanjutnya adalah Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan tari baksa kembang. Tarian ini dibawakan oleh penari perempuan yang jumlahnya ganjil, misalnya satu, tiga, atau lima penari. Gerakannya meliuk-liuk menggambarkan seorang putri yang sedang bermain di taman bunga. Tari baksa kembang sering dipentaskan di acara besar.

Untuk Cerita Lebih Lengkapnya bisa Adik – adik baca di Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka Halaman 77, 78, 78 dan 80

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan tuliskan di buku kalian!

1. Sebutkan nama-nama desa yang diceritakan di atas dan nama tarian masing-masing!
Jawaban :

– Desa Olehsari di Banyuwangi, Jawa Timur dengan nama tariannya yaitu tari seblang.
– Desa Cempaga di Bali dengan nama tariannya yaitu tari baris.
– Desa Barikin di Kalimantan Selatan dengan nama tariannya yaitu tari baksa kembang.
– Desa Situraja di Jawa Barat dengan nama tariannya yaitu tari umbul.
– Desa Gigieng di Aceh dengan nama tariannya yaitu tari seudati.

2. Berapakah jumlah penari pada tari seudati?
Jawaban :

Jumlah Penari Tari Sundati ada 8 penari.

3. Tari apakah yang menggambarkan seorang putri di taman bunga?
Jawaban :

Tari yang menggambarkan seorang putri di taman bunga adlah Tari baksa kembang

4. Apakah nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat?
Jawaban :

Nama tari yang gerakannya seperti ada gerakan silat adalah Tari umbul.

5. Ada tarian yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Sebutkan nama dan tujuannya!
Jawaban :

– Tari seblang bertujuan untuk menghindarkan desa dari bahaya.

– Tari seudati bertujuan untuk sarana dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.

Adik-adik, itulah contoh Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 80 Menjawab Pertanyaan Berdasarkan Teks Dikenal karena Menari. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orang tua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Kontenjempolan.id tidak bertanggung jawab atas kesalahan pada kunci jawaban.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.