Kunci Jawaban Bab II “Meneladani Nama Dan Sifat Allah Untuk Kebaikan hidup” Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Halaman 45-48

Kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Bab II “Meneladani Nama Dan Sifat Allah Untuk Kebaikan hidup” Pendidikan Agama Islam SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Halaman 45-48. Kali ini kakak akan membantu adik-adik menjawab soalsoal yang ada di buku pendidikan agama islam Bab II.

SOAL PILIHAN GANDA DAN SOAL ESAY

SOAL PILIHAN GANDA

1. Sifat-sifat Allah Subhanahu wata’ala dan al-Asmā’ al-Husnā dalam Al-Qur’an dan sunah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan.
Al-Asmā’ al-Husnā berarti …

A. Sifat-sifat Allah Subhanahu wata’ala

B. Nama-nama indah bagi Allah Subhanahu wata’ala

C. Nama-nama rasul yang baik

D. Sifat-sifat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam

2. Perhatikan tabel al-Asmā’ al-Husnā berikut:

Dari tabel tersebut urutan pasangan yang cocok ditunjukkan pada pilihan…..

A. 1 – B, 2 – A, 3 – D, 4 – C

B. 1 – B, 2 – D, 3 – A, 4 – C

C. 1 – A, 2 – D, 3 – B, 4 – C

D. 1 – B, 2 – D, 3 – C, 4 – A

3. Subhanallah, alam semesta dengan segala isinya sangat indah. Allah Subhanahu wata’ala telah menciptakannya dengan rinci. Semuanya sesuai dengan kehendak-Nya, dan bekerja sesuai dengan sunah-Nya. Hal ini membuktikan bahwa Allah Subhanahu wata’ala…..

A. Maha Mendengar

B. Maha Melihat

C. Maha Mengetahui

D. Maha Teliti

4. أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ ٱللَّطِيفُ ٱلْخَبِيرُ

Sesuai dengan firman Allah Subhanahu wata’ala tersebut, Allah Subhanahu wata’ala memiliki sifat …

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

5. Setiap suara di alam semesta terdengar oleh Allah Subhanahu wata’ala Pendengaran-Nya tidak terbatas. Tidak ada satu suarapun yang luput dari-Nya. Dalam hal ini, Allah Subhanahu wata’ala memiliki sifat ….

A. Al-Samī’

B. Al-Baṣīr

C. Al-’Alīm

D. Al-Khabīr

6. Farhan menemukan uang sebesar Rp. 100.000,00 di halaman sekolah. Ia sangat senang sekali karena pada saat itu ia sangat membutuhkan uang. Ia ingin mengambil dan menggunakannya. Namun, ia sadar bahwa uang itu bukan miliknya. Ia tidak ingin menggunakan uang yang bukan miliknya.
Peristiwa ini menggambarkan keyakinan bahwa Allah Subhanahu wata’ala memiliki sifat….

A. Al-Samī’

B. Al-Baṣīr

C. Al-’Alīm

D. Al-Khabīr

7. Untuk membuktikan kebenaran Allah Subhanahu wata’ala dapat dipergunakan dalil naqli dan dalil aqli. Dalil naqli adalah dalil yang berdasarkan …

A. Pemikiran yang matang

B. Pendapat cendikiawan

C. Al-Qur’an dan hadits

D. Hukum yang berlaku

8. Secara diam-diam Bahar menusuk ban sepeda motor milik Umar dengan paku. Memang tidak ada seorangpun yang melihat perbuatan jahat Bahar tersebut, tetapi Allah Subhanahu wata’ala melihatnya karena Allah Subhanahu wata’ala mempunyai sifat …

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

9. Di antara sifat Allah Allah Subhanahu wata’ala adalah Maha Mendengar segala sesuatu yang ada pada seluruh ciptaan-Nya. Dalam hal ini, Allah Allah Subhanahu wata’ala memiliki sifat …

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

10. Ilmu manusia dibandingkan dengan ilmu Allah Allah Subhanahu wata’ala ibarat setetes tinta di lautan. Hal itu menunjukkan bahwa ilmu manusia kecil dan sedikit. Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan ilmu yang dimiliki. Seandainya manusia dapat membuat motor, mobil, kapal terbang, satelit, rudal dan nuklir sekalipun, semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Allah Allah Subhanahu wata’ala. Terkait hal ini, Allah Allah Subhanahu wata’ala mempunyai nama indah…..

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

SOAL ESAY

1. Perhatikan pernyataan berikut ini.
“Allah memiliki nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya. Tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” Pernyataan ini terdapat dalam Al-Qur’an.
Tuliskan dalil naqli yang menjelasan pernyataan tersebut!

Jawab:

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Arab-Latin: wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad’ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya’malụn

2. Mengapa kita harus meneladan sifat al-’Alīm dalam menjalani kehidupan!

Jawab:

Sebab dengan meneladan sifat al-’Alim̅ dalam kehidupan sehari-hari akan tumbuh sifat takwa kepada Allah Subhanahu wata’ala yaitu takut untuk berbuat dosa, merasa selalu diketahui oleh Allah Subhanahu wata’ala, dan sifat rendah hati. Sehebat apapun kita, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Allah Subhanahu wata’ala.
Hal ini mendorong kita utuk selalu berbuat baik kepada sesama untuk mengharap rida Allah Subhanahu wata’ala.

3. Mengapa kita harus meneladan sifat al-Khabīr dalam menjalani kehidupan!

Jawab:

Sebab dengan kita meneladan al-Asmā’ al-Ḥusnā, al-Khabir̅ dapat menumbuhkan perilaku ikhlas berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada orang lain dan menumbuhkan sikap murāqabah yaitu perasaan senantiasa diawasi Allah Subhanahu wata’ala.
Hal itu akan menumbuhkan mawas diri dan pertimbangan atas segala langkah yang ditempuh dalam gerak-geriknya.

4. Tuliskan 3 contoh perilaku meneladan sifat al-Samī’ dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab:

Contoh perilaku meneladan sifat al-Sami’̅ dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

a. mendengarkan dengan seksama ketika guru sedang menjelaskan pelajaran di kelas.

b. mendengarkan dan mematuhi nasehat dari orang tua dan guru

c. menjadi pendengar yang baik ketika ia sedang membutuhkan teman bicara.

5. Tuliskan 3 contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan terhadap meneladan sifat al-Baṣīr!

Jawab:

Contoh perilaku meneladan sifat al-Baṣir̅ dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
melihat kebesaran Allah Subhanahu wata’ala dengan melihat alam dan seisinya. menggunakan mata untuk melihat hal-hal yang positif.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Artikel Terkait