Kunci Jawaban Ayo Identifikasi Aktivitas 6.5 halaman 174 Jalan-Jalan ke Taman atau Hutan di Sekitar Kita IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Ayo Identifikasi Aktivitas 6.5 halaman 174 Jalan-Jalan ke Taman atau Hutan di Sekitar Kita IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Ayo Identifikasi Aktivitas 6.5

Jalan-Jalan ke Taman atau Hutan di Sekitar Kita

Secara berkelompok, pergilah ke taman atau hutan yang ada di sekitar sekolah kalian. Perhatikan dengan teliti berbagai macam interaksi makhluk hidup yang mungkin terjadi di tempat tersebut.

1. Apa nama tempat yang kalian kunjungi?

Jawaban:

Tempat yang kami kunjungi adalah Taman Sekolah yang memiliki banyak tumbuhan dan tanaman bunga.

2. Apakah terdapat interaksi kompetisi pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi kompetisi yang terjadi.

Jawaban:

Pada taman sekolah, terdapat interaksi kompetisi pada ekosistem taman bunga tersebut. Interaksi kompetisi yang terjadi adalah adanya kompetisi dari berbagai hewan yang mencari nektar bunga seperti lebah dan kupu-kupu. Ada juga interaksi kompetisi antara hewan insektivora seperti laba-laba yang saling berkompetisi untuk mendapatkan mangsa.

3. Apakah terdapat interaksi predasi pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi predasi yang terjadi.

Jawaban:

Pada ekosistem taman bunga tersebut terdapat interaksi predasi. Interaksi predasi terdapat di antara hewan pemakan serangga seperti laba-laba. Hewan tersebut berusaha untuk bertahan hidup dengan saling memangsa hewan lain yang lebih kecil dari mereka. Ada juga predasi binatang kecil seperti semut yang mencari binatang yang terluka atau sedang dalam keadaan sekarat untuk bisa dimakan oleh semua koloni semut.

4. Apakah terdapat interaksi herbivori pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi herbivori yang terjadi.

Jawaban:

Ada,

Dalam ekosistem taman bunga tersebut terdapat interaksi herbivori antara ulat dan belalang yang ada. Belalang dan ulat yang memakan daun kebun tersebut berkompetisi untuk memakan daun-daun tumbuhan.

5. Apakah terdapat interaksi simbiosis pada ekosistem tersebut? Jelaskan interaksi simbiosis yang terjadi.

Jawaban:

Ada,

Simbiosis yang ada adalah simbiosis mutualisme antara tumbuhan bunga dan laba-laba. Keberadaan kedua organisme tersebut saling menguntungkan satu sama lain. Tumbuhan memberikan rumah yang baik bagi laba-laba dan laba-laba memberikan keuntungan bagi tumbuhan karena sudah mampu mengusir serangga pengganggu yang kemungkinan mampu merusak tumbuhan.

6. Buatlah laporan dalam berbagai bentuk media yang kreatif.

 

Untuk mendapat Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *