Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Ayo Berlatih halaman 39 dan 40 IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Ayo Berlatih

Setelah Kalian belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.

1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.

Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?

Jawaban:

Urutan tahapan

tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel lisis

Terjadi siklus listik

Pada siklus litik perkembangbiakan virus diawali dengan tahap melekatnya virus pada sel inang, kemudian penetrasi asam nukleat virus ke dalam sel inang. Tahap selanjutnya adalah asam nukleat virus akan memerintah sel inang untuk mensintesis asam nukleat dan bagian tubuh virus untuk dirakit menjadi tubuh virus baru. Akhir siklus ini sel inang pecah dan mengeluarkan banyak virus baru.

2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.

Jawaban:

Persamaan dan Perbedaan

3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.

Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus. Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.

a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?

Jawaban:

Pernyataan yang benar

Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus

b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?

Jawaban:

Kegiatan laboratorium

a. Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. Jawaban: Salah

b. Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19. Jawaban: Benar

c. Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron. Jawaban: Benar

Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil. Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 2.3 halaman 41 artikel The Good that Viruses do yang ditulis oleh Mario Mietzsch and Mavis Agbandje-McKenna IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Untuk mendapatkan pembahasan soal Kurikulum Merdeka mata pelajaran lainnya, dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.