Kunci Jawaban Aktivitas 7.4 halaman 165 Ayo Mengamati Keanekaragaman Hayati di Sekitar Kita IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Aktivitas 7.4 halaman 165 Ayo Mengamati Keanekaragaman Hayati di Sekitar Kita IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Aktivitas 7.4

Ayo Mengamati Keanekaragaman Hayati di Sekitar Kita

Siapkanlah alat dan bahan sebagai berikut.

Langkah kerja

1. Ambillah setetes air kolam/air rendaman jerami, letakkan pada objek glass kemudian tutup dengan cover glass. Amati di bawah mikroskop dengan pembesaran 10X atau 40X. Gambarlah organisme yang Kalian temukan!

2. Ambillah tempe, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!

3. Ambillah lumut/paku/tanaman, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!

4. Ambillah semut, kemudian amati di bawah mikroskop stereo atau amati dengan lup. Gambarlah organisme yang Kalian lihat!

Pertanyaan:

1. Bagaimanakah pengelompokan yang Kalian lakukan terhadap makhluk hidup yang telah Kalian amati?

Jawaban:

Diberikan kebebasan pengelompokan yang dilakukan oleh peserta didik.

2. Berdasarkan hasil pengamatan Kalian tergolong kingdom apakah organisme yang Kalian amati? Mengapa?

Jawaban:

Golongan Kingdom

Serabut pada tempe: kingdom fungi;

air kolam atau air rendaman jerami:kingdom protista;

lumut/paku/tumbuhan: kingdom plantae;

semut: kingdom animalia.

Masing-masing organisme tersebut dikelompokkan seperti itu karena ciri-cirinya sesuai dengan kingdom tersebut.

Catatan: jika organisme diganti disesuaikan dengan organisme yang diamati.

3. Apakah ciri-ciri kingdom dari organisme yang Kalian amati!

Jawaban:

Ciri Ciri Kingdom

kingdom fungi: memiliki hifa;

kingdom protista: belum memiliki jaringan yang terdiferensiasi;

kingdom plantae: autotrof;

kingdom animalia: muliseluler heterotrof.

Catatan: Jawaban bisa merujuk ciri-ciri lain pada masing-masing kingdom.

4. Apakah peranan masing-masing organisme yang Kalian amati?

Jawaban:

peranan masing-masing organisme

Peran jamur tempe: membuat tempe;

organisme air kolam: produsen;

lumut: dapat dimanfaatkan sebagai obat;

semut: detritivor.

Catatan: Jika organisme diganti disesuaikan dengan peran organisme tersebut.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.