Breaking News

Kunci Jawaban Aktivitas 6.11 halaman 165 “Dampak Pergaulan Bebas dan Zina Dari Beberapa Sudut Pandang” Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Aktivitas 6.11 halaman 165 “Dampak Pergaulan Bebas dan Zina Dari Beberapa Sudut Pandang” Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Wawasan Keislaman

Aktivitas 6.11

Carilah literatur atau berita, baik berupa artikel maupun video tentang dampak buruk dari pergaulan bebas dan zina. Lakukan kajian multi sudut pandang, misalnya dampak pergaulan bebas dan zina dari sudut pandang agama, kesehatan, sosial, psikologis, kemanusiaan dan sebagainya.

Pahami dan cermati kemudian simpulkan pendapatmu! Presentasikan di depan kelas!

Jawaban:

Dampak dari Pergaulan Bebas

1. Sudut Pandang Agama

Remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas dan melakukan berbagai perilaku menyimpang mendapatkan dosa besar contohnya zina. Dalam Islam, zina tergolong dosa besar yang memperoleh hukuman berat di dunia dan di akhirat. Secara definitif, perilaku zina adalah hubungan seksual yang dilakukan oleh dua orang berlainan jenis yang sudah baligh dan tidak terikat akad pernikahan. Dalil larangan mendekati zina ini tertuang dalam surah Al-Isra’ ayat 32 sebagai berikut:

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk”.

Artinya: “Pezina tidak dikatakan beriman ketika ia berzina”. (HR. Bukhari Muslim)

Contoh kedua adalah mengkonsumsi minuman keras atau khamr, minum khamr adalah perbuatan haram dan dilarang oleh agama islam, Allah SWT  telah menjelaskan dampak dan hukum dari mengkonsumsi khamr dalam Al Quran surah Al Maidah 90. yaitu sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya meminum khamar, berjudi, berkorban untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Dan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Khamr adalah induk dari kekejian dan dosa yang paling besar, barangsiapa meminumnya, ia bisa berzina dengan ibunya, saudari ibunya, dan saudari ayahnya.”

Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat yaitu diangkatnya ilmu, kebodohan nampak jelas, banyak yang minum khamr dan banyak orang berzina secara terang-terangan. Sebagai umat islam wajib menjauhi khamar yang menjadi segala sumber kriminalitas serta zina yang bisa mengakibatkan kehamilan di luar nikah,karena keduanya termasuk haram dan dosa besar

2. Sudut Pandang Pancasila

Permasalah pergaulan bebas pada remaja adalah permasalahan yang serius dan perlu segera diatasi agar tidak menyebabkan generasi penerus bangsa yang tidak ber-Pancasila. Remaja adalah calon generasi penerus bangsa yang memegang kunci masa depan bangsa ini. Di negara yang berdasarkan Pancasila, pergaulan seperti itu harus segera diakhiri.

Karena tidak sesuai dengan nilai pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Sila pancasila tersebut menganjurkan  pemeluk agama masing-masing untuk menaati norma-norma kehidupan beragama yang dianutnya. Para remaja harus paham bahwa pergaulan bebas merupakan perbuatan yang harus dijauhi. Kita ambil contoh berawal dari minum minuman keras (khamr),berlanjut ke sex bebas kemudian hamil diluar nikah yang berakhir tindakan kriminal aborsi.

Remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas dan melakukan perilaku menyimpang tidak cukup percaya diri untuk kembali berhubungan dengan keluarga, teman, dan bersosialisasi di masyarakat. Maka dari itu sebelum terlambat perlu ditanamkan nilai-nilai dalam diri remaja antara lain pendidikan agama, moral, dan etika dalam keluarga. Kerjasama guru, orang tua dan masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai tersebut sangat diperlukan agar mudah diserap oleh remaja.

3. Sudut Pandang Kesehatan

Perilaku seks bebas adalah salah satu yang tidak dapat dipisahkan dari pergaulan bebas. Remaja yang belum banyak ilmu tentang seks akan melakukannya tanpa proteksi dan kehati-hatian. Inilah yang menimbulkan beberapa penyakit pada tubuh kita. Berikut adalah dampak pergaulan bebas pada kesehatan. Ada tips untuk mengenali, mencegah dan mengobati penyakit-penyakit berbahaya yang dijelaskan di dalam buku ini.

a. Reiter
Penyakit reiter ini merupakan penyakit yang penularannya terjadi lewat hubungan kelamin, ini sering ditemukan di wilayah Inggris dan Amerika Utara. Namun, pada wilayah Eropa, Afrika, dan Asia, penyakit reiter ini lebih sering ditemukan pada penderita disentri amuba, disentri basilus, dan diare non spesifik.

b. Sifilis

Penyakit sifilis ini disebabkan oleh Treponema pallidum, penyakit ini berbahaya bagi kedua pasangan. Bagi ibu hamil juga dapat berbahaya karena akan menyebabkan kecacatan lahir pada bayi dan bisa juga lahir dalam kondisi meninggal.

Gejala penyakit ini berupa luka yang menandakan bakteri masuk, lalu muncul ruam pada tubuh. Selain itu ada juga yang tidak menimbulkan gejala, namun bakteri tetap masuk ke dalam tubuh.

Penyakit ini menyebar melalui hubungan seksual, di mana antara pria dan wanita memiliki penyakit sifilis. Sifilis ini rentan menular dengan orang yang sering ganti pasangan.

c. Herpes Genitalis

Ini adalah penyakit menular yang dialami pria dan wanita setelah berhubungan seks. Penyakit ini menimbulkan luka melepuh di area kelamin, bahkan penderita penyakit herpes genitalis ini bisa saja tidak menimbulkan gejala.

Bagi yang bergejala biasanya ditandai dengan luka yang melepuh, gatal, dan sakit. Gejala ini biasanya bisa saja kambuh dalam satu tahun. Namun dengan seiring waktu karena kekebalan tubuh intensitas kambuhnya akan berkurang.

Penyebaran penyakit ini biasanya melalui hubungan seksual dengan orang yang memiliki penyakit herpes ini. Penyakit herpes ini juga dapat menular pada bayi dalam kandungan ibu hamil.

d. HIV dan AIDS

Human immunodeficiency virus (HIV) ini adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh. Virus ini juga didapat saat melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan. Virus ini menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

Jika tidak ditangani dengan serius maka virus ini akan berkembang menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Ini adalah penyakit yang fatal, penyakit ini adalah tahap akhir dari HIV. Setelah berkembang menjadi AIDS tubuh sudah tidak mampu lagi untuk melawan infeksi virus ini.

Saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penderita HIV dan AIDS. Namun ada obat yang hanya untuk memperlambat perkembangan dari penyakit itu. Ini untuk meningkatkan harapan hidup dari penderita penyakit ini.

4. Sudut Pandang Psikologi

Pada kalangan remaja etika pergaulannya saat ini telah banyak terkikis, pasangan remaja yang berpacaran tidak lagi merasa malu dan mengumbar kemesraan di tempat umum seperti berpelukan, bergandengan, berciuman di tempat umum yang sebenarnya bisa memicu pasangan tersebut untuk melakukan perbuatan seks bebas (intim).

Tanpa di sadari seks bisa mengacu pada sex yang tidak aman yang akan memberikan dampak buruk atau negative pada setiap orang yang melakukannya. Hal tersebut berdampak karena bisa terjadi antara satu pasangan atau satu orang dengan berganti ganti pasangan dan dapat mengakibatkan kerusakan pada fisik dan psikologis. Adapun dampak secara fisik dari sex bebas yaitu kerusakan kelamin, infeksi jamur, epatitis. Adapun dampak secara psikologis yaitu depresi, memengaruhi perkembangan karakter, selalu marah dan agresif, merasa menyesal dan bersalah, munculnya kekhwatiran akan kehamilan dan penyakit seksual, kehamilan di usia muda. Kondisi ini sangat memprihatikan masyarakat khususnya para orang tua dan para guru. Hal ini disebabkan karena pelaku dan korbannya sebagian besar adalah kaum muda (remaja).

5. Sudut Pandang Pendidikan

Jika anak terjerumus pada pergaulan bebas, akan berpengaruh pada pendidikan dan prestasi belajar anak.

Mulai dari prestasi belajar anak menurun, malas belajar, membantah perkataan orang tua, bolos sekolah, hingga tidak mau mengenyam pendidikan.

Padahal pendidikan adalah hal penting yang harus diutamakan.

Sebab, pendidikan yang baik akan membentuk karakter anak menjadi lebih baik, berakhlak, dan berkarakter.

Salah satu dampak negatif dari pergaulan bebas adalah putus sekolah.

Padahal, pendidikan adalah investasi sumber daya manusia yang panjang yang memiliki nilai lebih dan strategis untuk kelangsungan serta peradaban hidup manusia.

Oleh sebab itu, penting untuk menyemangati, mengarahkan, menasehati, dan memberikan contoh yang baik pada anak agar semangat mengenyam pendidikan untuk masa depan yang lebih cerah.

 

 

Disclaimer: Jawaban bersifat tidak mutlak dan terbuka sehingga dapat dikembangkan kembali untuk mendapatkan jawaban yang lebih baik.

Demikian pembahasan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 10 SMA/SMK halaman 165 Aktivitas 6.11, Dampak Pergaulan Bebas dan Zina Dari Beberapa Sudut Pandang. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *