Kunci Jawaban Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan.id-Kunci Jawaban Aktivitas 5.3 halaman 116 dan 117 Jari-jari atom sebagai Sifat Keperiodikan Unsur IPA SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Aktivitas 5.3

Bekerjalah dalam kelompok. Analisislah diagram pada Gambar 5.4 untuk menjawab pertanyaan berikut dan komunikasikan hasilnya dalam diskusi kelas.

(1) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode (baca: dari kiri ke kanan) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom?

(2) Jelaskan bagaimana kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan (baca: dari atas ke bawah) jika dihubungkan dengan bertambahnya nomor atom. Jelaskan unsur manakah yang memiliki jari-jari atom terpendek dan manakah yang terpanjang jari-jari atomnya.

Jawaban:

(1). Kecenderungan Jari-jari Atom dalam Satu Periode

Kecenderungan jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan adalah makin mengecil sebab meskipun jumlah kulit sama namun bertambahnya nomor atom adalah bertambahnya massa atom (proton) yang bermuatan positif. Dengan demikian terjadi gaya tarik-menarik yang lebih kuat antara inti atom yang bermuatan positif terhadap elektron valensi yang bermuatan negatif sehingga jari-jari atom memendek. Unsur dengan jari-jari atom terpendek adalah unsur He.

(2). Kecenderungan Jari-jari Atom dalam Satu Golongan

Kecenderungan jari-jari atom dalam satu golongan dari atas ke bawah adalah makin membesar sebab bertambahnya jumlah kulit atom menambah panjang jarak dari inti atom ke elektron valensi. Gaya tarik-menarik antara inti atom dan elektron valensi pun melemah dengan semakin bertambahnya kulit atom. Hal ini akan membuat elektron valensi mudah lepas. Unsur dengan jari-jari atom terpanjang adalah unsur Fr.

 

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.