Kunci Jawaban Aktivitas 2.2 halaman 47 dan 48 Percobaan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan-Kunci Jawaban Aktivitas 2.2 halaman 47 dan 48 Percobaan IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Percobaan Aktivitas 2.2

Percobaan Sifat-sifat Zat Padat, Cair dan Gas

Percobaan 1:

Berubah bentuk atau tidak? Di bagian ini kalian akan diberikan benda-benda berikut ini: balon, balok kayu, teh, gelas ukur dan beberapa wadah kosong lainnya. Menurut kalian, benda manakah yang dapat berubah bentuk dan mana yang tidak?

Diskusikanlah bagaimana cara menguji apakah benda-benda tersebut memiliki sifat dapat berubah bentuk. Tulislah langkah-langkahnya. Setelah itu lakukanlah langkah-langkah sesuai yang kalian diskusikan. Manakah materi di atas yang termasuk zat padat, zat cair dan gas? Apakah ada perubahan bentuk?

Jawaban:

Yang dapat berubah bentuk adalah balon, teh.

Sedangkan yang tidak dapat berubah bentuk adalah balok kayu, gelas ukur, dan wadahnkosong karena benda padat.

Balon adalah benda yang berisi benda gas, yang menyesuaikan dengan tempatnya. Balon menjadi wadah bagi benda gas yang ada di dalamnya. Kayu dan gelas ukur adalah benda padat. Teh adalah benda cair atau liquid.

Percobaan 2: Sifat kompresibilitas

Pada bagian ini kalian akan menemukan tiga suntikan yang telah diisi dengan bahan yang berbeda-beda. Kalian akan menekan alat suntik ini untuk menguji sifat materi apakah dapat ditekan atau dikompresikan atau tidak. Sebelum melakukan percobaan, buatlah perkiraan atau dugaan atau hipotesis dulu, menurut kalian suntikan yang berisi bahan apa yang paling mudah ditekan? Mengapa demikian?

Jawaban:

Hipotesis: Suntikan yang mudah ditekan adalah suntikan yang berisi gas.

Sekarang lakukanlah percobaan ini dengan menekan piston/suntikan seperti gambar di bawah ini.

Gambar 2.3 Percobaan menguji sifat kompresibilitas zat padat, cair dan gas.

Amatilah seberapa dalam kalian dapat menekan piston pada alat suntik tersebut. Tulislah hasil percobaan kelompok kalian dalam bentuk tabel (ingatlah pembuatan tabel pada Bab I).
Apakah hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Wujud benda manakah yang paling mudah ditekan?

Jawaban:

Alat suntik yang berisi udara akan mudah ditekan, alat suntik yang berisi air akan sulit ditekan, dan alat suntik yang berisi pasir atau tanah tidak mungkin bisa ditekan.

Sekarang lakukanlah percobaan ini dengan menekan piston/suntikan seperti gambar. Amatilah seberapa dalam kalian dapat menekan piston pada alat suntik tersebut. Tulislah hasil percobaan kelompok kalian dalam bentuk tabel.

Apakah hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Wujud benda manakah yang paling mudah ditekan? Yang Paling mudah ditekan yaitu udara.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *