Kunci Jawaban Aktivitas 2.1 halaman 47 Materi IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

kontenjempolan-Kunci Jawaban Aktivitas 2.1 halaman 47 Materi IPA SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Aktivitas 2.1

Carilah pengertian dari kata materi. Tulislah pada buku catatan kalian. Kalian dapat gunakan buku lain, ensiklopedia, kamus atau sumber internet untuk memperoleh definisi ini. Tulis juga data referensi yang kalian gunakan secara lengkap.

Jawaban:

Apa yang dimaksud dengan materi?

Pengertian materi merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam ilmu kimia. Materi merupakan dasar dari terciptanya suatu zat atau objek. Dalam kehidupan sehari-hari, materi merupakan objek yang dapat dijumpai di mana saja. Materi yang berbeda akan mempunyai karakteristik atau sifat yang berbeda pula. Materi menjadi landasan dalam struktur pembentuk suatu benda.

Contoh Materi

Mengutip buku Seri Sains: benda dan Sifatnya oleh Agus Riyadi (2020), materi bisa ditemukan dalam empat fase berbeda, yakni padat, cair, dan gas. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

1. Padat

Materi padat merupakan materi yang mempunyai volume dan bentuk yang tetap. Materi dalam kondisi padat mempunyai ukuran dan bentuk yang konstan. Bentuk dan ukurannya tidak mudah berubah. Contoh materi padat yaitu kertas, batu bata, logam, kayu, dan lain-lain.

2. Cair

Materi cair mempunyai volume tetap, namun bentuknya mengikuti bentuk wadahnya. Dalam kondisi cair, materi mempunyai jumlah dan ukuran yang ditetapkan.

Misalnya, sebotol sirup akan berubah bentuk jika dituangkan dalam gelas. Meskipun demikian, volumenya tetap sama. Contoh materi cair yaitu air, sabun, lendir, kecap, jus, dan lain-lain.

3. Gas

Materi gas tidak mempunyai bentuk atau volume yang tetap. Materi jenis ini dapat mengisi wadah yang besar atau bisa dipindah ke wadah yang lebih kecil. Contoh materi gas yaitu udara, helium, kentut, dan lain-lain.

Klasifikasi Materi

Materi juga dapat dibedakan berdasarkan makhluk hidup dan benda tak hidup. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

1. Materi dari makhluk hidup

Materi dari makhluk hidup merupakan materi yang asalnya dari makhluk hidup, misalnya dari hewan atau tumbuhan. Contohnya seperti kertas, kayu atau kertas yang terbuat dari pohon. Adapula kulit yang terbuat dari kulit sapi dan kulit buaya. Sedangkan wol berasal dari domba.

2. Materi dari benda tak hidup

Materi benda tak hidup merupakan materi yang asalnya dari beda mati. Contohnya, logam yang diambil dari dasar di tanah. Sedangkan batu bara, kapur, tanah liat, dan pasir juga termasuk contoh materi dari benda mati.

Untuk mendapatkan Pembahasan Soal Mata Pelajaran lainnya dapat diakses melalui kontenjempolan.id.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.