Karakteristik Fungsi Halaman 162 Memahami Fungsi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka
kontenjempolan.id-Karakteristik Fungsi Halaman 162 Memahami Fungsi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Hallo Adik-adik, kontenjempolan.id kali ini akan membahas materi Matematika SMP Kelas 8 halaman 162. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 4 Relasi dan Fungsi.
Relasi dan Fungsi
Memahami Fungsi
Karakteristik Fungsi
Melalui kegiatan mencari pesan yang cocok pada suatu kode sandi, kalian akan belajar dan memahami karakteristik fungsi.
Ayo Bereksplorasi
Pak Ahmad memberikan suatu pesan kepada Rudi seperti Gambar 4.8 berikut. Dapatkah kalian membantu Rudi dalam memahami pesan tersebut?
Gambar 4.8 Rudi membaca pesan
Tentu kalian juga akan kebingungan membaca pesan tersebut tanpa mengetahui pesan lain yang cocok. Berbeda halnya jika kalian diberikan kode pesan lain oleh Pak Ahmad seperti berikut ini.
Berdasarkan kode pada pesan kata sandi di atas menunjukkan bahwa huruf A dapat di tulis dengan huruf d, huruf B dapat di tulis dengan e, huruf C dapat di tulis dengan f dan begitu juga huruf-huruf berikutnya, sehingga pesan kata sandi yang diberikan kepada Rudi oleh Pak Ahmad pada Gambar 4.8 memiliki arti seperti berikut ini.
KUNCINYA LIHAT DI BAWAH POHON MAWAR
Dikarenakan aturannya sudah diketahui, maka pesan tersebut sudah memiliki arti yang jelas. Kata sandi seperti itu sering digunakan dalam upaya kepramukaan. Contohnya termasuk kode Morse, kode semaphore, kode rumput, kata sandi abjad dan numerik, kata sandi baca silang, kata sandi lingkaran, kata sandi terbalik, kata sandi jam, kata sandi kompas, kode gambar, kode tanggal, dan banyak lagi.
Sebelum mereka mengamati, pastikan mereka mengetahui pekerjaan yang akan mereka lakukan (belajar cara membuat pesan), batas waktu 20 menit, dan sedetail mungkin tentang aturan permainan. Kunci pemahaman siswa adalah fokus pada model kode dalam tabel dan kemudian, dengan bantuan terpandu, lengkapi isinya.
Ayo Berpikir Kreatif
Ada berbagai kelompok benda atau bentuk lain dalam kehidupan seharihari yang memiliki pasangan yang cocok dan hanya tepat satu. Berikan contoh yang lain benda ataupun hal lain yang hanya memiliki satu pasangan yang cocok.
Berikut Alternatif Jawaban Ayo Berpikir Kreatif yang Bernilai Benar.
1. Rumah dengan nomor rumah
2. Siswa dengan Nomor Induk Sekolah
3. Negara dengan Ibu Kotanya
Untuk bentuk model kegiatan kreatif ini, diserahkan sepernuhnya kreatiitas teman Guru.
Disclaimer:
Kunci Jawaban pada unggahan kontempolan tidak mutlak kebenarannya dan unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
Demikian pembahasan Matematika Kelas 8 Karakteristik Fungsi halaman 162 Memahami Fungsi. Untuk mendapatkan pembahasan Soal latihan Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran lainnya dapat mengakses melalui kontenjempolan.id.