pemasaran

Jenis – Jenis Pemasaran

Jenis – Jenis Pemasaran – Perkembangan dunia bisnis membuat proses marketing ikut berkembang. Salah satu bukti perkembangannya adalah kemunculan marketing online yang bisa diartikan sebagai usaha perkenalan produk atau jasa lewat internet.

Dulu pemasaran hanya terbatas pada bentuk fisik seperti papan reklame (billboard), pamflet, hingga spanduk. Namun, sekarang sudah mulai merambah dunia digital seperti di social media, online advertising, dan lainnya. Adapun jenis-jenis pemasaran diantaranya adalah :

Digital Cloud Marketing

Digital Cloud Marketing merupakan jenis pemasaran dimana permintaan dan penawaran bertemu melalui media online untuk selanjutnya melakukan transaksi. Penjual dapat menjangkau banyak konsumen yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan menginput infromasi produk yang dia jual dalam media online.

Sedangkan pembeli di beri kemudahan dalam berbelanja produk yang di inginkan cukup dengan membuka media online atau dikenal dengan marketplace dan kemudian dapat membeli produk yang di harapkan tanpa harus keluar rumah, dalam artian belanja dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja.

Banyak produk dan layanan jasa saat ini yang sudah ada di media online atau marketplace. Marketplace yang popular di kunjungi seperti bukalapak, tokopedia, jd.id, shopee, dan banyak lainnya.

Public Relations Marketing

Public Relations Marketing atau yang dikenal dengan sebutan pemasaran hubungan masyarakat. Jenis pemasaran ini lebih dominan untuk bekerja sama dengan sebuah media informasi publik yang besar untuk bersama – sama mengenalkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan produk yang di hasilkan oleh mereka. Serta tidak lupa menginformasikan akan keuntungan yang diperoleh apabila konsumen menggunakan produk – produk tersebut.

Relationship Marketing

Jenis pasar yang satu ini lebih dikenal dengan pemsaran mulut kemulut. Dalam artian devisi pemasaran membuat strategi khusus agar supaya konsumennya bersedia mengajak konsumen lain untuk menggunakan produknya. Dengan begitu, jaringan pemasaran akan semakin lebih luas dan jumlah konsumen akan semakin meningkat.

Word of Mouth Marketing

Dalam jenis marketing ini, tidak jarang devisi pemsaran memberkan imbalan atau hadiah kepada para konsumen yang mau mengajak konsumen lainnya untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Dengan begitu para konsumen akan lebih semangat untuk menyebarkan informasi produk nya.

Selain itu, dalam strategi pemasaran ini juga sering menggunakan sosial media yang lagi hits saat ini. di saat seorang konsumen suka atas produk makanan yang di sajikan cantik oleh suatu restoran.

Tidak sungkan konsumen tersebut mengambil gambar makanan dan meng-upload dan share dalam media sosial yang ia miliki. Hal tersebut pasti akan mengundang pengguna medsos lain untuk mencoba makanan yang di sajikan oleh restoran tersebut.

Call to Action (CTA)

Jenis pemasaran ini merupakan salah satu jenis pemasaran menggunakan media online dengan metode yang berbeda yaitu dengan penggunaan website pribadi. Seorang seller akan membuat website dan menggunah seluruh data informasi produk yang ia kejual kedalamya. kemudian sang pemilik website yang juga seller tersebut berusaha agar websitenya memiliki trafik atau pengunjung situsnya banyak. Dengan semakin banyaknya pengunjung dan banyak melakukan transaksi dalam websiter tersebut, itu artinya website tersebut telah melakukan pemasaran CTA.

Itulah terkait pembahasan tentang Jenis – Jenis Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *