Jawaban Post Tes Modul 1 Bolehkah Memaksa Topik 10 Disiplin Positif
kontenjempolan.id-Jawaban Post Tes Modul 1 Bolehkah Memaksa Topik 10 Disiplin Positif.
Jawaban Post Tes Modul 1 Bolehkah Memaksa – Bapak/Ibu guru, Anak-anak dipaksa, agar terbiasa untuk disiplin. Bagi sebagian orang, memaksa anak untuk disiplin adalah hal wajar karena dibiasakan sedari kecil. Tetapi apakah benar anak harus dipaksa dulu untuk nantinya terbiasa disiplin? Atau jangan-jangan pemaksaan itu malah mengurung ruang tumbuh kembang anak?
Pada modul ini kita akan belajar bersama tentang makna disiplin dan teori motivasi perilaku yang ditunjukan oleh seseorang.
Daftar materi yang harus dipelajari adalah Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa, Motivasi Perilaku Mengindari Rasa Sakit/Hukuman, Motivasi Perilaku Menginginkan Hadiah atau Pujian, Dan Motivasi Perilaku Menghargai Diri. Setelah mempelajari materi tersebut, barulah bapak/ibu bisa mengerjakan soal post test modul 1 Bolehkah Memaksa. Soal post test yang ada bisaanya akan diacak dan memiliki nomer yang berbeda pada tiap akun. Namun akan memiliki soal yang sama. Dan berikut ini adalah soal yang ada pada modul 1.
1. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah…
1. Mengingatkan murid-murid secara rutin dan terus-menerus akan peraturan sekolah.
2. Menegakkan peraturan dengan cara memberikan hadiah bagi murid yang paling disiplin.
3. Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang mereka buat.
4. Senantiasa memantau muridnya dan mengingatkan pada saat ada perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan.
Jawaban: C. Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang mereka buat.
2. Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang bukan merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
1. Menghindari rasa sakit
2. Mendapatkan kebahagiaan
3. Mengharapkan penghargaan
4. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban: B. Mendapatkan kebahagiaan
3. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
1. Menambah nilai sebesar 10 poin untuk pengumpulan tugas tepat waktu.
2. Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas.
3. Menambah nilai sebesar 15 poin untuk pengumpulan tugas sebelum batas waktu.
4. Semua jawaban benar
Jawaban: D. Semua jawaban benar
4. Perilaku memaksa tidak efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena…
1. Bersifat eksternal
2. Ada konsekuensi langsung yang diterima
3. Mendapatkan kepatuhan yang segera
4. Perubahan perilaku langsung terlihat
Jawaban: A. Bersifat eksternal
5. Simak percakapan berikut ini.
“Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?”
“Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.”
Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari…
1. Menghindari rasa sakit
2. Mendapatkan kebahagiaan
3. Mengharapkan penghargaan
4. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban: D. Menjadi orang yang diinginkan
6. Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut.
Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
1. Menghindari rasa sakit
2. Mendapatkan kebahagiaan
3. Mengharapkan penghargaan
4. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban: C. Mengharapkan penghargaan
7. Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang bukan merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
1. Memandu murid mengidentifikasi cita-citanya
2. Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
3. Membantu murid menemukan cara-cara yang bisa membuat dirinya termotivasi
4. Mendorong murid untuk menemukan tokoh atau kisah yang bisa menjadi inspirasinya
Jawaban: B. Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
8. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, kecuali…
1. Nilai baik apa yang kamu percayai?
2. Apa tujuan yang ingin kamu capai?
3. Kamu ingin menjadi seseorang seperti apa?
4. Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
Jawaban: A. Nilai baik apa yang kamu percayai?
9. Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena…
1. Orang lain tidak bisa mengatur kita
2. Motivasi internal bersifat jangka panjang
3. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
4. Semua jawaban benar
Jawaban: D. Semua jawaban benar
10. Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor.
Manakah alasan berikut ini yang bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
1. Membanggakan orang tua
2. Membawa nama harum sekolah
3. Menjadi dikenal oleh guru-guru dan teman-teman di sekolah
4. Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
Jawaban: D. Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat