harga ikan tongkol

Berapa Harga Ikan Tongkol Terbaru? Ini Rinciannya!

Ikan tongkol menjadi salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan tongkol pun cukup murah, sehingga terjangkau berbagai lapisan masyarakat. Kini, terdapat harga terbaru ikan tongkol serta informasi terkait. Yuk disimak!

Kenapa Harus Konsumsi Ikan Tongkol?

Sebelum mengetahui harga ikan ini, mari cari tahu kenapa harus konsumsi ikan tongkol. Ikan yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut ini rinciannya!

  • Mengandung Mineral dan Vitamin

Pertama, ikan tongkol memiliki kandungan mineral dan vitamin. Kandungan yang terdapat di dalamnya tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang terkandung dalam ikan tuna. Dalam setiap porsinya, tongkol mengandung kalori, zat besi, kalsium dan sebagainya. 

  • Protein Tinggi

Selanjutnya, kandungan protein tinggi yang sangat bermanfaat dalam membangun sel tubuh. Protein yang terkandung di dalamnya akan melakukan perbaikan pada sel tubuh yang mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, protein juga akan membantu meningkatkan kekuatan tulang dan kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Alasan lainnya, ikan tongkol mampu membantu meningkatkan fungsi otak. Omega 3 yang terkandung dalam ikan tongkol sangatlah bagus dalam menumbuhkan otak. Selain itu, sangat bagus untuk mencerdaskan otak anak.

  • Mengandung Antioksidan yang Baik

Radikal bebas sangatlah berbahaya untuk tubuh. Hal ini bisa ditangkal dengan konsumsi ikan tongkol yang memiliki antioksidan yang baik. Antioksidan inilah yang akan menangka radikal bebas dalam tubuh. Anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. 

  • Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Ikan tongkol juga bisa menjadi penyeimbang kadar elektrolit dalam tubuh. Ketika cairan ini dalam kondisi seimbang, maka akan sangat bagus untuk kesehatan saraf dan otak. Tongkol bisa menjadi lauk yang akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Tips Memilih Tongkol yang Bagus

Ketika Anda hendak melakukan pembelian ikan tongkol, pastikan memilih yang berkualitas. Harga ikan ini 1 ekor yang berkualitas tentunya tidak akan dibanderol dengan harga yang rendah. Adapun ikan tongkol yang bagus memiliki ciri sebagai berikut:

  • Mata ikan tampak lebih jernih.
  • Badannya elastis dan segar.
  • Memiliki insang berwarna merah dan terhindar dari kusam.
  • Aromanya menyegarkan.

Harga Ikan Tongkol Terbaru

Jika Anda sudah tahu jenis ikan yang berkualitas, saatnya menilik harga ikan ini di pasar. Umumnya, ikan tongkol bisa didapatkan secara mudah. Anda bisa menemukannya di berbagai supermarket ataupun pasar. Harga ikan ini 1 Kg di pasar tidak jauh berbeda dengan yang tersedia di supermarket.

Ketersediaannya yang banyak membuat ikan tongkol dibanderol dengan harga terjangkau. Per-kilonya dibanderol dengan harga 15.000 hingga 30.000 rupiah saja. Adapun isinya beragam, bergantung pada besar-kecilnya ikan tongkol. 

Selain itu, banyak pula yang menjual ikan tongkol olahan dengan harga yang beragam. Umumnya tongkol bisa dimodifikasi menjadi hidangan yang lezat, seperti halnya tongkol asap, tongkol giling, pepes dan sebagainya. Ikan tongkol olahan dibanderol dengan harga 15.000 hingga 28.000 rupiah. 

Harga ikan ini juga bisa dipengaruhi wilayah tertentu. Daerah yang memiliki ketersediaan ikan tongkol banyak akan membanderolnya dengan harga rendah. Sebaliknya, jika tidak terlalu banyak akan dibanderol dengan harga yang lebih tinggi. 

Demikianlah ulasan terkait harga tongkol serta informasi terkait. Pilihlah yang paling menyegarkan sehingga kandungan di dalamnya pun akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Harga yang telah disebutkan sangatlah bergantung pada kondisi wilayah masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.