harga ikan patin

Harga Ikan Patin Serta Informasi Terkait

Jenis ikan sangatlah beragam. Satu diantaranya yaitu ikan patin. Harga ikan patin tidak jauh berbeda dengan ikan lainnya. Patin memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Setiap nutrisi yang terkandung sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu lebih lengkapnya? Mari simak ulasan berikut!

Sekilas Tentang Ikan Patin

Mari mengulik sekilas tentang ikan patin. Jenis ikan yang satu ini memiliki ciri khas yang berbeda. Dari bentuk tubuhnya tampak lebih panjang yang dihiasi dengan waran putih ke-perak-perakan. Lain halnya di bagian punggungnya yang dihiasi dengan warna biru. 

Uniknya, patin tidak bersisik dan juga memiliki kepala yang lebih kecil. Selain itu, keunikan lainnya terletak pada bagian mulutnya yang berada di bagian ujung kepala. Adaapun panjang tubuhnya sekitar 120 centimeter. Ikan patin memiliki sifat matil yakni menggunakan jari keras yang terletak di bagian punggungnya.

Terkait kandungan gizinya tidak bisa diremehkan. Ikan patin memiliki protein yang tinggi, mencapai 159 gram. Seperti yang Anda tahu, protein sangatlah penting untuk pertumbuhan sel manusia.  Maka dari itu, ikan patin bisa menjadi salah satu pilihan lauk yang tepat.

Jika menilik pada manfaat yang disuguhkan, patin memiliki khasiat yang beragam. Selain rasa dagingnya yang gurih, nutrisi didalamnya pun memiliki banyak manfaat. Lebih rincinya, ikan patin bermanfaat untuk:

  • Mencegah timbulnya kardiovaskular yang berbahaya. 
  • Menjaga kolesterol agar tetap seimbang.
  • Meningkatkan pertumbuhan anak yang lebih optimal.
  • Memperkuat tulang.
  • Mempertahankan serta memperkuat bentuk otot.
  • Menjadi menu pilihan untuk berdiet.

Tips Memilih Ikan Patin yang Segar

Ketika Anda hendak membeli ikan patin, hal utama yang harus diperhatikan. Sebelum mengetahui harga ikan patin, Anda juga harus tahu dalam memilih ikan patin yang masih segar dan tidak lemah. Kualitas yang terjamin akan membuat nutriisnya lebih terjamin. Adapun cara memilihnya yakni sebagai berikut:

  • Pertama-tama, Anda harus melihat bagian sisiknya, apakah masih melekat pada tubuh patina tau tidak.
  • Selanjutnya, lihat juga bagian matanya dan amati apakah tampak jernih, bulat dan juga masih utuh tanpa kerusakan.
  • Tekan-tekan bagian dagingnya, apakah masih terasa liat atau pun elastis, maka bisa dipatikan ikan patin masih segar.
  • Amati pula bagian insangnya. Ikan patin yang segar akan memiliki insang yang warnanya merah cerah.
  • Memiliki aroma yang segar dan terhindar dari bau busuk.

Perlu Anda ketahui, ikan patin yang segar tentu akan lebih bernutrisi. Selain itu, harga ikan patin yang masih segar akan dibanderol dengan harga pada umumnya. Namun, jika Anda mendapatkan tawaran yang lebih murah, maka hati-hati ikannya bukanlah yang segar. Hal demikian bisa merusak kesehatan tubuh Anda. 

Harga Ikan Patin

Mengingat manfaatnya yang sangat banyak, patin sangatlah bagus untuk dikonsumsi. Anda bisa membelinya di pasar online ataupun offline. Harga ikan patin per Kg-nya sangat beragam. Hal ini bergantung pada ketersediaan di masing-masing daerah. 

Harga ikan patin di berbagai daerah beragam. Namun, perbedaannya tidak terlalu jauh. Umumnya, ikan patin akan dijual dengan harga 24.000 hingga 36.000 rupiah saja. Jika dibandingkan dengan jenis ikan mujaer, patin bisa dikatakan lebih  murah. 

Nah, itulah informasi tentang harga ikan patin serta informasi terkait. Semoga informasi tersebut bisa menjadi acuan untuk Anda sebelum melakukan pembelian patin. Dengan demikian, Anda pun akan terhindar dari kerugian. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.